oleh

Warga Resah, Hutan Purun Desa Rambutan Terbakar

Kobaran Api Sulit Dipadamkan

RAMBUTAN, SuaraSumselNews | KEBAKARAN lahan wilayah Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin, Sabtu siang (11/9), sempat menghawatirkan warga setempat.

Diketahui warga disini bahwa kebakaran lahan (hutan) di Kecamatan Rambutan, tepatnya di Desa Rambutan seluas 10 hektar itu merupakan hutan rumput purun. Ya sepertinya sulit dipadamkan. Mengingat, mungkin diduga banyak oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan dengan sengaja membakar hutan tersebut untuk mencari ikan.

“Kendalanya, oknum pembakaran itu sulit ditemukan. Karena biasanya setelah menyulut api oknum itu langsung lari,” ujar Jon (40) warga setempat saat ditemui media ini di Desa Rambutan, Sabtu (11/9) siang.

Juga dari pantauan di lokasi kebakaran lahan di kawasan Rambutan itu, diketahui ada sejumlah helikopter mondar-mandir di atas langit desa itu. Bahkan tampak kesulitan mendapatkan air untuk melakukan pemadaman api tersebut.

BACA JUGA:  Sumsel Dipercaya Tuan Rumah Festival Olahraga Reakreasi Nasional

“Hingga berita ini diturunkan, api masih menyala, lebih dari 6 jam. Dan api membakar lahan kosong berupa hutan purun di wilayah Kecamatan Rambutan itu masih belum berhasil dipadamkan,” kata Yudi (39) warga lainnya.

Bahwa pembakaran lahan dilakukan warga di desa itu, kata Ansori AK seraya menyebutkan , biasanya untuk membuka kebun. Sebelum ditanami lahan dibakarnya,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan Pusat Forum Keadilan Rakyat Indonesia Ansori AK saat dibincangi wartawan via telepon seluler.

Hingga laporan ini ditulis, sejumlah helikopter masih terus berupaya keras untuk melakukan pemadaman api di lokasi lahan hutan numput purun milik warga.(*)
liputan : adeni andriadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.