Penyandang Disabilitas Dapatkan Kursi Roda

 

Bantuan dari Dana Desa Ramah Kasih

INDRALAYA, SuaraSumselNews- DARI dana desa tak hanya digunakan untuk bangunan fisik semata. Juga ada sebagian disisihkan untuk warga sebagai penyandang disabilitas, Buktinya, seperti yang terjadi di Desa Ramah Kasih, Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir.

Desa Ramah Kasih, Kecamatan Muara Kuang yang realisasikan sebagian dana desa yang diterima dengan memberikan bantuan bagi penyandang disabilitas. Dan program tersebut dengan nama ‘’Peduli Penyandang Disabilitas”.

Sedikitnya, 11 warga penyandang disabilitas itu mendapat bantuan yang diserahkan, Kades Ramah Kasih, Chandra yang didampingi Ketua Tim Ahli P3MD, Kabupaten Ogan Ilir, Irawadi, Sekcam Muara Kuang, Mukminin, Ketua Forum Komunikasi Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Kabupaten Ogan Ilir, Yusran.

Bantuan dimaksud berupa kursi roda, tongkat, alat pendengar dan sembako. Dan 11 warga penyandang disabilitas itu, masing-masing,  Zila, Taman Murni, Bendi, Mega, Beni, Noer Aisyah, Rukisa, Cik Angkut, Yati, Basarudin dan Asna.

Kata Kepala Desa Ramah Kasih, Chandra bahwa bantuan yang diberikan tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada warganya. Sehingga dana desa bisa bermanfaat dan dapat dirasakan seluruh warga, termasuk sebagai penyandang disabilitas.

Sementara, Ketua Tim Ahli P3MD Ogan Ilir, Irawadi Sahil, menambahkan, terobosan yang dilakukan Kades Ramah Kasih dalam realisasi dana desa yang diperuntukan bagi penyandang disabilitas merupakan kali pertamanya di Kabupaten Ogan Ilir.

Selama ini dana desa, hanya fokus pada insfrastruktur saja. Tapi kali ini peruntukan bagi mereka yang memang membutuhkan uluran tangan, yakni sebagai penyandang disabilitas.

Artinya dana desa boleh diperuntukan apa saja. Selain insfrastruktur, juga penyandang disabilitas. Kemudian kesehatan seperti yang dilakukan Desa Ketiau, tentang ‘Program Ketiau Mandiri’.

Bahwa tinggal desa yang mengatur sesuai musyawarah. Karena hanya desa yang mengetahui peruntukan yang diperlukan. Dan sejauh ini diakui, Irawadi sebagai pendamping pihaknya, selalu memberikan pemahaman pada desa. Utamanya, sasaran dan manfaat yang langsung  bersentuhan dengan tatanan kehidupan masyarakat.

Juga, Sekcam Muara Kuang, Mukminin sangat apreasiasi terobosan dan ide brilian yang dilakukan Desa Ramah Kasih dalam pelaksanaan dana desa tahun 2018. Dan berharap kepada desa lain dapat mencontoh serta mengikuti jejak ini. (*)

laporan : gusti ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *