oleh

Muaraenim Dikepung Banjir, Pj Bupati Langsung Tinjau ke Lokasi

MUARAENIM, SuaraSumselNews | BEGITU ada laporan Muaraenim di kepung banjir, Pj Bupati Muaraenim, Kurniawan, AP., M.Si., langsung bertolak ke Muaraenim untuk meninjau langsung keadaan warga terdampak banjir bandang, Minggu kemarin (26/6).

Bupati tiba di Kecamatan Lawang Kidul sekitar pukul 17.30 WIB dan langsung mengecek kondisi warga yang menjadi korban banjir di Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Desa Lingga dan Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul.

Selain meninjau kondisi rumah warga yang dikepung banjir, dirinya juga mengecek ketersediaan bantuan pangan dan penanganan kesehatan yang dipusatkan di halaman Masjid Assa’adah, Kelurahan Pasar Tanjung Enim.

Pj Bupati pun menyampaikan bahwa sejak mendapat laporan terjadinya banjir akibat meluapnya Sungai Enim di sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Muaraenim dan Kecamatan Lawang Kidul.

BACA JUGA:  Musda Perdana Srikandi Tenaga Pembangunan Sriwijaya Sumsel

Ia langsung menginstruksikan dinas terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial untuk segera mengambil langkah penanganan, termasuk evakuasi warga.

Seusai berkeliling meninjau rumah-rumah warga, sekaligus jembatan gantung yang putus di Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Pj. Bupati mengumpulkan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim di Posko Masjid Assa’adah untuk segera mendata dan menginventarisir korban terdampak maupun kerusakan rumah ataupun fasilitas publik lainya.

Melihat kondisi yang ada, Pj Bupati menjelaskan bahwa bencana banjir ini masih dapat ditangani oleh Pemkab Muara Enim yang nantinya juga dibantu oleh perusahaan sekitar.

BACA JUGA:  Semua Driver dan Pekerja Transportasi Akan Dibantu

Menurutnya yang terpenting saat ini para warga terdampak mendapatkan bantuan pangan, penyediaan dapur umum, pos evakuasi dan obat-obatan yang cukup.

Lebih lanjut, bersama tim teknis Pj Bupati akan mencari solusi terbaik untuk mengantisipasi kejadian serupa yang memang kerap terjadi setiap tahun khususnya di musim penghujan.

Salah satu yang dapat diupayakan menurutnya dengan memperbaiki sistem drainase pemukiman warga ataupun menormalisasi Sungai Enim, seperti penghijauan, memperkuat tebing sungai, galian maupun pembuatan pintu air sehingga dapat meminimalisir risiko banjir di kemudian hari.

Dirinya-pun memastikan akan terus memantau penanganan dan menghimbau warga untuk selalu waspada jika intensitas curah hujan kembali tinggi. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.