DPRD Lahat Bahas Pemekaran Dinas Pertanian Jadi Dua Dinas

Usulan Telah Disampaikan ke Pemprov Sumsel

 

LAHAT, SuaraSumselNews | DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD( Kabupaten Lahat rencananya akan ada oemekaran Dinas Pertanian menjadi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perternakan sehingga Dinas Pertanian hanya fokus mengurus pertanian.

Hal itu sesuai usulan Pemkab Lahat, dan saat ini sedang proses usulan ke Pemprov Sumsel. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Ir Otong Heriandi membenarkan, bahwa Dinas Pertanian nantinya akan melebur menjadi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan

“Semuanya telah dibahas ditingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), tinggal menunggu persetujuan dari Pemprov Sumsel, guna mengesahkannya dan dibuat struktur organisasi,” jelas Otong Heriandi, Kamis (18/2)

Dia menegaskan, sedangkan untuk wewenang tugasnya juga berbeda, sehingga dapat fokus pada sektor masing-masing.

“Dinas Pertanian fokus khusus pertanian, sedangkan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perternakan menitikberatkan dengan pangan dan hewan ternak,” terangnya,

Sementara, Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Tata Laksana (Ortala) Setda Pemkab Lahat Widi Widayatmo mengatakan, pembahasan nomenklatur baru ini sudah dalam pembahasan.

“Sudah dibahas ditingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), kini, tengah digodok di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel),” paparnya lugas.

Widi menerangkan,bila pembahasannya disetujui oleh Pemprov Sumsel, maka, selanjutnya dikembalikan ke Pemkab Lahat.

“Langkah berikutnya, disusun peraturan daerah (Perda) kemudian diketok palu, untuk dibuatkan struktur organisasinya,” tandasnya.

Selain itu, sambung dia, pihaknya juga sedang mengusulkan kenaikan OPD Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dari Tipe B ke Tipe A.

“Sudah kita usulkan kenaikannya, karena sebelumnya hanya memiliki tiga bidang. Ya bila disetujui ditambah satu bidang lagi,” harap dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar