oleh

Akrab Desa Adalah Pembinaan Pemdes dan Dana Desa-ADD

Bupati Mura Kunjungi Megan Sakti

 

MUSIRAWAS, SuaraSumselNews | BUPATI Musirawas (Mura) , H Hendra Gunawan mengunjungi Kecamatan Megang Sakti dalam agenda melaksanakan program Aksi Bina Desa. Ini merupakan kegiatan rutin dalam masa jabatan orang nomor wahid di Bumi Lan Serasan Sekantenan tersebut, pada Rabu, (8/7).

Setidaknya Ada 6 Desa dikawasan Transmadala Kecamatan Megang Sakti yang disambangi bupsti. Masing — masing Desa Rejosari (Sp1), Desa Karya Mulya (Sp2), Desa Mekarsari (Sp3), Desa Campur Sari (Sp4), Desa Tegal Sari (Sp5) dan Desa Marga Puspita.

Bupati H Hendra Gunawan menuturkan bahwa kegiatan Akrab Desa itu sudah sejak beberapa tahun yang lalu dilakukan, tepatnya di mulai pada tahun 2017.

BACA JUGA:  Kasus Alex Pintu Masuk Kejagung Ungkap Korupsi di Sumsel

“Program ini digaungkan sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pembinaan kepada pemerintahan desa (Pemdes) terkait penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga penggunaannya dapat tetap sasaran,” terangnya.

Dia menambahkan, Akrab Desa merupakan inovasi daerah, sebagai bentuk komitmen bupati untuk memberikan pendampingan penggunaan DD dan ADD.

“Sebelumnya, DD ini sempat diusulkan untuk di stop dan dievaluasi, karena dikhawatirkan akan disalahgunakan. Sehingga Gubernur dan Bupati dipanggil untuk rapat koordinasi. Berkat perjuangan kita akhirnya pemerintah pusat tetap melanjutkan Dana Desa,” jelas Hendra Gunawan.

Ia juga berharap melalui Akrab Desa ini agar semua pihak dapat memberikan masukan, melakukan evaluasi, perbaikan, apa yang kurang baik. Dan berpesan semua bentuk pembangunan yang menggunakan DD dan ADD harus dimaksimalkan untuk pembangunan desa sesuai standar yang berlaku.

BACA JUGA:  Detik-detik Alex Noerdin Ditahan Kejaksaan Agung

“Sebab, DD dan ADD dikucurkan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, program Akrab Desa ini merupakan salah satu media komunikasi dan sekaligus mendengarkan aspirasi masyarakat yang ada di desa,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD, Kepala Dinas Pekerja Umum Bina Marga (DPU-BM), H Azhari beserta jajaran. Camat Megang Sakti, Harry Achmadi, Kepala Satpol PP-Damkar, H Marsono, Kabag Prokopim Setda Mura, Dicky Zulkarnain dan jajaran pejabat Pemkab Mura lainnya. (*)

laporan : ali akbar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.