Rebut Kursi Sekda Lahat, Tiga Pejabat Lengkapi Persyaratan

Dari Enam Pejabat Ikut Seleksi

LAHAT, SuaraSumselNews | SETELAH resmi Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lahat membuka seleksi untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama sesuai dengan pengumuman panitia seleksi nomor: 821.2/002/PANSEL-JPT-LHT/2021.

Seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat, setelah proses terbuka dilakukan panitia. Tercatat sudah ada enam pejabat yang siap bertarung merebut kursi panas Sekda Lahat.

“Benar, sejak proses seleksi telah dibuka oleh panitia, sudah tercatat ada enam (6) nama yang akan bertarung dikancah seleksi jabatan Sekda Kabupaten Lahat,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lahat Drs.M. Aries Farhan,M.Si melalui Kabid Mutasi dan Promosi Aparatur Agus Nurmansyah,S.Psi, pada Senin kemarin (26/7).

Diakui Agus Nurmansyah, bahwa saat ini sudah ada enam (6) nama yang sudah melengkapi berkas dan mendaftar untuk menjadi pimpinan tinggi Pratama (Sekda) Kabupaten Lahat.

Enam nama pejabat tersebut, Drs. Feterson Okibial,M.AP Dinas Dukcapil Kabupaten 4 Lawang, Fikriansyah,SE, M.Si dari Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Drs.H. Deswan Irsyad,M.Pd.I Pj Sekda Lahat, Ahmad Ansori,SH.,M.Si dari Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Bangka Selatan, Drs, Riswan Efendi dari Disnakertrans Musi Rawas, serta Drs Bhakti M.Si dari Dinsos Kabupaten Muaraenim.

Namun, dijelaskan Agus Nurmansyah, dari enam (6) nama yang ada, sudah memenuhi syarat tiga (3) orang. Sedangkan, tiga (3) orangnya lagi, tidak melengkapi persyaratan, lalu, Drs Riswan Efendi belum memenuhi syarat.

“Kalau menurut aturan seleksi harus lebih dari 3 pendaftar yang memenuhi syarat. Jadi, sampai saat ini masih tiga orang yang memenuhi syarat sehingga, pendaftaran diperpanjang sesuai dengan Permenpan nomor 15 tahun 2019,” terangnya.

Untuk masa perpanjangan sendiri, kata Agus Nurmansyah, akan dilakukan selama 2 X 7 hari tidak ada yang melengkapi persyaratan, maka ketiga pejabat pendaftar yang ada, akan diteruskan ketingkat proses seleksi atau tahap selanjutnya.

“Sekarang kita masih melakukan proses seleksi Administrasi dan penilaian Portofolio. Sedangkan, tim panitianya sendiri terdiri dari lima orang yakni, DR.Drs.H.Ahmad Najib,SH.M.Hum, Drs.H. Ahmad Fahri,MM, H. M. Amin Daoed,SE.,MM, Prof. DR. Indawan,M.Pd dan DR. Antoni,M.Hi,” imbuhnya.

Tidak menutup kemungkinan, menurut Agus Nurmansyah, dalam beberapa waktu akan ada yang masukan berkas untuk ikut seleksi tersebut. Karena, ada perubahan syarat yang diajukan oleh tim Panitia Seleksi.

“Yang jelas, sebelum salah satu syarat untuk ikut seleksi ialah memiliki kompetensi dan pengalaman jabatan dalam tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara komulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun dan memiliki pengalaman pada JPTP minimal pada 3 (tiga) unit diposisi atau tempat yang berbeda,” tegasnya.

Akan tetapi, sambungnya, dikarenakan syarat diatas cukup berat sehingga diralat menjadi memiliki kompetensi dan pengalaman jabatan dalam tugas terkait, dengan jabatan yang akan diduduki secara komulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun dan memiliki pengalaman pada JPTP minimal pada 2 (dua) posisi atau tempat yang berbeda.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *