Prajurit TMMD Bangun Jalan 10 Km

KAYUAGUNG, SuaraSumselNews- Prajurit TNI Kodim 0402 Ogan Komering Ilir (OKI) bekerja keras membangun badan jalan sepanjang 10 kilometer di Desa Pesisir Pantai Timur. Pekerjaan itu dimulai lima hari lalu, sejak Rabu (28/3/2018).

Satuan Tugas (satgas) yang tergabung dalam program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 itu baru dapat menyelesaikan badan jalan sepanjang 850 meter. TMMD ini rencananya akan dilaksanakan di Desa Sungai Ceper, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada 4 April 2018 mendatang.

Kendatipun medan yang dihadapi sangat berat, semangat prajurit untuk membangun desa sangat hebat. Dengan konstur tanah yang berair (rawa-rawa), ditambah lagi kondisi cuaca yang sangat buruk dan dibarengi hujan deras, tidak menyurutkan semangat prajurit TNI Kodim 0402/OKI tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, hampir setiap hari turun hujan. Kondisi ini  sangat mempengaruhi hasil kerja alat berat yang ada, sehingga prajurit harus menggunakan bantuan pohon kelapa sebagai tapakan. Jika tidak demikian, alat berat itu akan tenggelam.

Para prajurit itu dibantu masyarakat Desa Sungai Ceper yang berjibaku mengerjakan pembuatan jalan penghubung antara Desa Sungai Ceper Laut dengan Sungai Ceper Darat. Mereka tidak mengenal hari libur. Setiap hari harus bekerja mengejar target, selesai tepat pada waktunya.

Dandim 0402/OKI Letkol (Inf) Seprianizar Ssos, mengatakan kegiatan TMMD itu membantu Pemkab OKI melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah yang sulit terjangkau.

“Dalam TMMD, ada dua kegiatan yang dilaksanakan secara fisik dan non fisik. Untuk fisik, kita akan membangun jalan sepenjang 10 kilometer yang menghubungkan dusun V dengan dusun VIII Desa Sungai Ceper, serta melanjutkan pembangunan masjid yang belum rampung selama 25 tahun di desa itu,” ujar Letkol Seprianizar yang didampingi Danramil 0402/10 Kayuagung, Kapten Inf H Hatta, Rabu (28/3).

Sementara untuk non fisik, lanjut Dandim, akan diberi wawasan kebangsaan, pengobatan gratis, sunatan massal, pengentasan buta huruf Alquran, penyuluhan hukum, kamtibmas serta narkoba.

Selain itu, akan ada pelaksanaan lomba rakyat dan kegiatan-kegiatan dengan masyarakat yang melibatkan komponen dari pemda, polres, kejari, BKKBN, ponpes dan organisasi binaan Kodim 0402/OKI.

“Sebenarnya, dalam TMMD ini lebih dititik beratkan pada sasaran non fisik. Bagi kita, masyarakat merupakan hal yang diutamakan. Sebab rakyat adalah ibu kandung TNI,” ujar Kapten Hatta.

Pembukaan jalan sepanjang 10 kilometer itu dikerjakan Tentara Manunggal Masuk Desa yang bekerjasama dengan masyarakat Desa Sungai Ceper, Kecamatan Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir. (kay)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *