PLN UPHK Palembang Implementasikan Zero Accident

PALEMBANG, SuaraSumselNews | PLN Unit Pelaksana Pemeliharaan Pembangkitan (UPHK) Palembang mengadakan Sosialisasi K3 Internal untuk tingkatkan Budaya K3.

Bertempat di Kantor PLN UPHK Palembang acara tersebut mengambil tema Penerapan Job Safety Analysist (JSA)Acara yang melibatkan seluruh pegawai PLN UPHK tersebut juga dihadiri oleh Manager UPHK Palembang, Fandy Putra.

Fandy menjelaskan bahwa UPHK sebagai unit pemeliharaan punya peran tenting dalam melakukan pemeliharaan pembangkit agar listrik yang andal terus dapat dinikmati masyarakat, namun dalam prakteknya sebagian pegawai masih menganggap job safety analysis (JSA) hanya sebagai lembaran kertas biasa yang berisi daftar pekerjaan, bahaya, dan cara pengendaliannya.

“JSA adalah sebuah alat penting yang membantu pekerja dalam melakukan pekerjaan secara aman dan efisien. JSA tidak hanya membantu mencegah pekerja dari kecelakaan kerja, tetapi juga melindungi peralatan kerja dari kerusakan sehingga waktu pemeliharaan dapat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” tegasnya, Selasa (30/8/2022).

Sementara, Adel Rizki dari Safety Expert dari PT Mac Mahoon Indonesia Jobsite yang menjadi narasumber sosialisasi kali ini menyampaikan teknik manajemen keselamatan yang berfokus pada identifikasi bahaya dan pengendalian bahaya yang berhubungan dengan rangkaian pekerjaan atau tugas yang hendak dilakukan merupakan jabaran dari Job Safety Analysist (JSA).

“JSA berfokus pada hubungan antara pekerja, tugas/pekerjaan, peralatan, dan lingkungan kerja. Idealnya, identifikasi bahaya yang ada di area kerja, harus menentukan langkah-langkah pengendalian untuk meminimalkan bahkan menghilangkan risiko,” ungkapnya.

Sosialisasi yang dilakukan merupakan upaya UPHK Palembang dalam meningkatkan kapasitas pegawai dalam mengedepankan On safety pada setiap project penugasan yang dilakukan UPHK Palembang.

Kegiatan tersebut juga menjadi bagian dari budaya safety yang diterapkan PLN dalam menjalankan bisnis ketenagalistrikan untuk menjadi perusahaan listrik terkemuka se Asia Tenggara dan nomor 1 pilihan pelanggan untuk solusi energi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *