oleh

Pama Dukung Pengembangan Kurikulum Pertambangan SMK

MUARAENIM, SuaraSumselNews | PT PAMAPERDADA Nusantara (Pama) MTBU Tanjungenim di gandeng SMK Negeri 1 Merapi Timur Lahat dalam rangka singkronisasi kurikulum atau Link And Match pada jurusan Geologi Pertambangan (GP) di sekolah negeri tersebut. Melalui pelatihan peningkatan kompetensi kepada 9 orang guru yang berlangsung pada Selasa (14/6) di sekolah. Adapun Tim perusahaan yakni dari Grub Leader Produksi, dengan narasumber Onasis, dan Aziz. Acara dibuka oleh Kepala SMK Negeri 1 Lahat Panyahuti MPd, dihadiri Tim CSR Pama Joko Budi Santoso.

“SMK Negeri 1 Merapi Timur Lahat ini memilki jurusan Geologi Pertambangan yang sangat diminati. Salah satunya berkat Link And Match dengan Dunia Industri (Dudi) dengan PT Pama yang setiap hari Jumat memberikan materi teori dan praktek pada jurusan tersebut,” terang Panyahuti, Kepala SMK Negeri 1 Lahat, Selasa (14/6).

BACA JUGA:  Hebat, Daffi Rebut Posisi III Ajang Menembak JOSS 2022

Pelatihan tersebut selama 3 hari kedepan sampai Kamis (16/6). Materi berupa praktek pemakaian alat ukur pada Geologi Pertambangan, Drilling dan Balesting, sampai dengan operasional produksi batubara. Lanjut Panyahuti, bahwa adanya Link And Match ini sangat brdampak pada kualitas lulusan SMK Negeri 1 Lahat yang banyak bekerja di berbagai perusahaan tambang batubara di Muaraenim dan Lahat.

Selain itu, peminat pada jurusan ini juga terus meningkat, sehingga dalam waktu 4 tahun terakhir ini peningkatan sampai dengan 100 persen.

“Jurusan Geologi Pertambangan ini awalnya 50 siswa kita bagi dua kelas, hingga sekarang sudah menjadi 108 siswa dan kita bagi menjadi tiga kelas. Mereka berasal dari Muaraenim dan Lahat. Dan lulusan kami sudah banyak bekerja di tambang sekitar Lahat dan Muaraenim, bahkan ada yang sampai Banyuasin,”kata dia.

BACA JUGA:  Lampu Penerangan Jalan Kedap Kedip di Kancil Putih, Sempat Jadi Keluhan Warga

Imbuh dia, dalam waktu dekat ini, SMK Negeri 1 Merapi Timur Lahat juga akan menjalin kerjasama dengan Produsen Mobil Daihatsu untuk jurusan Otomotif dalam mengembangkan kurikulum Link And Match. Tidak itu saja, pemerintah tahun ini juga memberikan bantuan gedung bengkel di atas tanah seluas 420 meter persegi.

Sementara, Koordinator CSR PT Pamapersada Nusantara MTBU, Joko Budi Santoso mengatakan, melalui program CSR, Pama mendukung perkembangan kualitas pendidikan yang ada di sekitar perusahaan. Khususnya sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Muaraenim dan Lahat. Yakni dengan memberikan motivasi, suport, dan bantuan program sekolah seperti memfasilitasi kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru jurusan Geologi Pertambangan di SMK Negeri 1 Merapi Timur Lahat.

BACA JUGA:  SKK Migas-KKKS Saksikan Ekspor 1200 Metriks Ton Pipa Ke Uganda dan Kuwait

“Kita berharap kepada peserta latihan ini dapat mengetahui Dasar ilmu teknik geologi pertambangan itu seperti apa. Kalau guru sudah mendapat pelatrihan dasarnya, lalu dilanjutkan dengan pengembangan. Karena kegiatan pelatihan ini selama tiga hari. Dengan tujuan salah satunya untuk bekal mereka mengajar nanti. Untuk program Link And Match di Lahat, Pama juga bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Lahat, SMK Negeri 1 Merapi Timur, dan SMK PGRI 2 Lahat,”terang Joko.(git)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.