Muaraenim Siap Tuan Rumah PEDA KTNA di Senendo Raya

Dilaksanakan 26-30 Juli 2021

MUARAENIM, SuaraSumselNews | PJ BUPATI Muaraenim menegaskan bahwa Kabupaten Muaraenim siap menjadi Tuan Rumah kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIV tingkat Provinsi (Prov) Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan di laksanakan di Semendo Raya, 26 sampai 30 Juli 2021 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Penjabat (Pj) Bupati Muaraenim, H Nasrun Umar (HNU) di hadapan Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) dan Plh Ketua KTNA Nasional, HM Basyir DA yang juga sebagai Ketua KTNA Prov Sumsel serta perwakilan seluruh KTNA se-Sumsel dalam Rembuk Pemantapan PEDA KTNA XIV tingkat Prov Sumsel tahun 2021 di Rumah Ketua KTNA Prov Sumsel, Kamis (26/05/2021) di Komplek Tanah Mas, Kabupaten Banyuasin.

Dalam kegiatan ini, Pj. Bupati memastikan Bumi Serasan Sekundang siap menjadi tuan rumah dan menyambut para petani dan nelayan se-Sumatera Selatan di Semende.

“Penetapan Kabupaten Muaraenim sebagai tuan rumah telah diputuskan sejak 2 tahun lalu saat Penutupan PEDA KTNA XIII Provinsi Sumatera Selatan 2019 di Kabupaten Musi Banyuasin atas usulan Pemkab Muaraenim dengan melihat potensi pertanian maupun perikanan yang sangat luar biasa di daerah ini,”katanya.

Secara keseluruhan Pj. Bupati memastikan semua persiapan telah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa hal yang mesti dipacu untuk dibenahi.

“Namun saya yakin semua persiapan akan selesai 1 minggu sebelum pelaksanakan dimulai. Ditekankan juga mengenai protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat,” jelasnya.

Ditegaskannya bahwa seluruh peserta yang hadir wajib dinyatakan negatif Covid-19 melalui hasil Rapid Antigen.

“Dan akan diperiksa kembali oleh tim medis Kabupaten Muaraenim di dua pos komando (Posko) kesehatan, yaitu Posko Desa Muara Meo, Kecamatan Panang Enim dan Posko Desa Perapau, Kecamatan Semende Darat Laut,”katanya.

Pj. Bupati berharap melalui KTNA ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi kerakyatan.

Rembuk Pemantapan PEDA KTNA XIV tingkat Prov Sumsel tahun 2021 di Rumah Ketua KTNA Prov Sumsel, Kamis (26052021) di Komplek Tanah Mas, Kabupaten Banyuasin.

“Khususnya di sektor pertanian dan perikanan di Kabupaten Muaraenim yang salah satunya dapat memotivasi maupun menggairahkan para petani dan nelayan, serta pelaku agribisnis lainnya dalam membangun kegiatan usaha pertanian yang berdaya saing dan berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan mengapresiasi persiapan dan kesungguhan Kabupaten Muaraenim dalam menjadi tuan rumah Peda KTNA kali ini.

“Saya yakin Bumi Serasan Sekundang akan sukses menyelenggarakan Peda-KTNA yang rencanya dibuka di Batu Tiking, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Semende Darat Laut ini dan dengan mengusung tema ‘Bersama Petani Yang Kreatif Dan Inovatif Wujudkan Sumsel Sebagai Lumbung Pangan Terbaik Tingkat Nasional,”katanya.

Pj Bupati HNU juga mengajak sejumlah Perangkat Daerah Teknis terkait diantaranya Dinas TPHP, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo juga mengharapkan dalam persiapan ini tidak terlepas dari koordinasi dan komunikasi antar seluruh pihak terkait serta kerjasama dengan Pemprov Sumsel.

Apalagi nanti kegiatan ini akan digelar dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 sehingga gelaran ini dapat berjalan dengan sukses, meriah dan lancar yang pada akhirnya dapat menghasilkan suatu produk ataupun inovasi yang dapat mendongkrak kesejahteraan para petani.

Sementara itu, Gubernur Sumsel menegaskan agar rembug hari ini adalah rembug terakhir, artinya sekaranglah waktunya untuk memberikan masukan dan bantuan kepada Kabupaten Muara Enim sehingga target kita melalui Gelaran PEDA KTNA XIV ini untuk menjadikan petani yang kreatif dan inovatif guna mewujudkan Sumsel sebagai lumbung pangan terbaik tingkat Nasional akan dapat tercapai, “Jadi kompak-kompaklah.”

Selain itu, HD juga merekomendasikan agar tanaman tradisional ataupun tanaman-tanaman langka asli Sumsel untuk dapat dijaga kelestariannya dan keberlangsungan hidupnya sehingga tidak akan punah.

“Sayang oi, pecak taneman rambe be la susah nak ditemui keberadaanyo, itukan aset tradisional, jadi payo lestarikela,” pinta Deru kepada seluruh Kepala Daerah se-Sumsel.

Terakhir, HD meminta kepada Pj Bupati Muara Enim agar dalam penyelenggaran PEDA KTNA nanti dapat mengundang semua organisasi yang membidangi pertanian, baik itu swasta, pemerintah ataupun suatu organisasi termasuk undang juga Provinsi-Provinsi yang dalam kawasan Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

“Siapa tahu di dalam pertemuan itu nanti akan timbul Pasar Baru, Pasar bagi Provinsi yang lain atau pasar yang dapat menjawab harapan dan do’a dari para petani kita,” kata Herman Deru.

Sementara itu, Ketua KTNA Prov Sumsel HM Basyir DA menyambut baik rembug yang dikemas dalam silaturahmi ini, dirinya meyakini kalau Kabupaten Muara Enim dapat sukses dalam pergelaran yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan di bidang pertanian kita ini, terutama di Prov Sumsel dan Kabupaten Muara Enim tentunya, (til)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *