Lanosin Akui Rasuan Lahirkan Orang – orang Hebat

DESA Rasuan (OKUT), SuaraSumselNews | BUPATI OKU Timur, Ir H Lanosin Hamzah memiliki catatan tersendiri tentang desa Rasuan. Selain dukunya yang menjadi ikonik, dari desa ini terlahir orang-orang hebat yang dikenal secara nasional dan regional.

Dia menyebutkan beberapa tokoh terkemuka, diantaranya Abi Hasan Said, H Ahmad Mahalli, dan Brigjen (Pur) H Thobroni HS. “Saya menjalin komunikasi dengan cucu keluarga Abi Hasan Said. Kemudian putra Pak Mahalli mantan Sekda Provinsi Sumatera Selatan. Jadi Rasuan ini melahirkan orang-orang hebat. Artinya tanah Rasuan ini tanah ‘butuah’ (bertuah)” kata Bupati Lanosin.

Dia berharap pelaksanaan “Sidokah Tiuh” Bupati Lanosin, akan semakin meningkatkan rasa syukur warga desa Dihadapan warga Rasuan Bupati Lanosin menyitir Al Qur’an Surat Ibrahim Ayat tujuh yang berarti jika kalian bersyukur, maka sungguh Aku akan tambah untuk kalian (akan nikmat). Dan jika kalian kufur, sesungguhnya siksa-Ku sangatlah pedih.

Akan halnya permasalah yang terjadi di duku Rasuan, menurut Lanosin hal ini terjadi juga di desa lain. “Tidak hanya di Rasuan bahkan di Buay Pemuka (BP) Peliung ada beberapa titik duku yang terkena hama penyakit,” katanya.

Untuk itu Bupati Lanosin meminta Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hpltikultura OKU Timur Junadi agar tanaman duku yang terkena hama bisa direplanting dan yang tidak berbuah diberi pupuk.

“Saya sudah perintahkan Kepala ⁶ Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk menginventarisir persoalan yang terjadi sehingga icon duku komering bisa kembali lagi di OKU Timur,” katanya. (Ida)