Kemajuan OKUS Sangat Pesat

Jalan Mulus, Warga Puji Herman Deru

 

MUARADUA, SuaraSumselNews | UPAYA Gubernur Sumsel H.Herman Deru menggenjot infrastruktur pembangunan jalan di seluruh kabuoaten/kota se Sumsel setahun pertama kepemimpinannya patut diacungi jempol. Karena komitmennya itu mendapat respon positif dari berbagai lapisan masyarakat, tak terkecuali warga Kabupaten OKU Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kabupaten OKU Selatan, Popo Ali Martopo saat memberikan sambutan pada Sidang Paripurna Istimewa HUT OKUS ke-16, di Gedung DPRD, Selasa siang (14/1).

“Mewakili masyarakat OKU Selatan, Saya berterimakasih sekali, berkat Pak Gubernur akses ke Muara Dua kini sudah sangat baik. Alhamdulillah  perjalanan kami jadi singkat hanya dalam setahun. Sudah jauh berbeda sekali,” tegas Popo Ali.

Menurut Popo, hampir seluruh ruas jalan Bumi Serasan Seandanan memang masuk kewenangan provinsi. Sehingga mereka sangat bergantung dengan keberpihakan Pemprov untuk penyediaan akses jalan.

“Walaupun sering dimarahi Pak Gubernur karena kunjungan jadi berjam-jam, sekarang Alhamdulillah sudah mulus. Tapi itu dia masyarakat ini kalau sudah mulus maunya minta lebar juga kepada Gubernur ,” ujarnya setengah bercanda.

Ia berharap keinginan masyarakat ini mendapat respon yang baik dari orang nomor satu di Sumsel tersebut. Mengingat bantuan provinsi sangat mereka harapkan   agar memicu peningkatan mobilitas jalan maupun barang di daerah mereka.

“Itu adalah  keinginan rakyat OKUS. Ada perhatian lebih, karena yang kami andalkan adalah jalan provinsi. Sebab kalau mobilitas barang bagus harga logistik bisa lebih murah sehingga bisa meningkatkan perekonomian. Bahkan ini juga dapat membentuk daerah-daerah komersil baru” jelasnya.

Terkait usianya yang ke-16 tahun, Popo mengatakan hendaknya dijadikan momen untuk mendapatkan energi baru. Karena usia 16 tahun merupakan usia yang sangat muda untuk sebuah daerah otonomi baru.

“Kami sangat berterima kasih  tanpa kehadiran pak Gubernur hari ini tentu tidak akan istimewa. Di usia ini tentu kit belum mencapai puncak pembangunan artinya jalan masih panjang ke depan. Dan kita harus segera sejajar dengan daerah lain,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H.Herman Deru mengatakan, HUT kabupaten/kota adalah hal penting bagi dirinya. Ia memilih tetap ke OKUS meski ada agenda tak kalah penting Jakarta.

Menurut HD Ia sangat mengapresiasi kinerja pembangunan  OKUS yang sudah dilakukan Bupati dan wakil bupatinya. Termasuk soliditas hubungannya dengan DPRD Kabupaten OKUS. Mau diukur menggunakan parameter apapun HD mengakui bahwa kemajuan OKUS sangat pesat termasuk prestasi-prestasi yang sudah berhasil catatkannya.

” Saya mengamati bukan hanya berdasarkan visual saja tapi berdasarkam data statiatik. Jado setiap saya hadir ke ulang tahun saya sudah kantongi data statistiknya. Mulai dari kemajuan infrastruktur, inflasi, serta pertumbuhan ekonomi karena inilah alat  menjadi alat utama menekan angka kemiskinan,” jelasnya.

Meski baru berusia 16 tahun, HD mengaku sangat bangga dengan perkembangan OKU Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Popo Ali Martopo, dan Wabup Solehien Abuasir.

“Harus Saya akui, OKU Selatan cepat mensejajarkan diri dengan kabupaten lain. Jadi bukan lagi menyusul tapi sudah sejajar. Dan Saya ingin semangat ini tetap terjaga. Semoga OKUS semakin maju dengan segala prestasinya,” ujar HD.

Kepada Pemkab OKUS HD juga berpesan agar tidak lekas mengakami star syndrom. Yang diartikannya sudah merasa nyaman di zona yang nyaman saat mencapai sebuah keberhasilan.

” Inilah tugas tokoh-tokoh  inspiratif harus bisa tetap memantik semangat. Agar OKUS menjadi Kabupaten sesuai dengan yang diharapkan masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu HD juga tak lupa mengingatkan warga OKUS untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini. Ia pun mengajak warga untuk menyiapkan antisipasi sejak dini.
“Daripada kita memperbaiki, lebih baik kita mengantisipasi,” ujarnya.

Pada peringatan HUT Kabupaten OKU Selatan yang ke-16, HD tidak datang sendiri tapi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel  Hj. Feby Deru.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga sempat mengalungkan bunga kepada sesepuh sekaligus Ketua Panitia Persiapan Pemerintahan Kab. OKU Selatan disingkat dengan P3KOS  H. Muhtadin Sera’i.

Selanjutnya Usai menghadiri Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten OKU Selatan, Gubernur Sumsel H.Herman Deru bersama Ketua TP PKK Sumsel, Hj Feby Deru beserta rombongan melanjutkan penanaman pohon di lingkungan perkantoran Pemkab OKU Selatan, Selasa (14/1) siang.

Penanaman pohon secara simbolis ini dimaksudkan untuk mewujudkan hutan kota untuk edukasi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. (*)

laporan : winarni/ril

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *