DPRD Lahat Apresiasi Kepemimpinan Cik Ujang, APBD Terus Meningkat

LAHAT, SuaraSumselNews | ANGGOTA DPRD Kabupaten Lahat, mengapresiasi era kepemimpinan Bupati Lahat H. Cik Ujang SH – H. Haryanto SE, MM yang dikenal dengan sebutan CAHAYA periode 2018 – 2023
Dan telah mampu meningkatkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dari Rp. 1,8 Triliun menjadi Rp. 2,6 Triliun.

Turut hadir dalam rapat Paripurna IV Masa Persidangan pertama tahun Sidang 2023 – 2024 itu, yang dipusatkan di Gedung Pertemuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Bupati Lahat H. Cik Ujang SH, Wabup Lahat H. Haryanto SE, MM, Sekda Lahat Chandra SH, MM.

Kemudian, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, MSi, MM, Wakil Ketua I DPRD Lahat Gaharu SE, MM, Wakil Ketua II DPRD Lahat Sri Marhaeni SH, Dandim 0405/Lahat Toni Oki Priyono SIP, Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT.

Seksin itu, Kejari Lahat, Ketua PN Lahat, Forkopimda Kabag, Kabid, Kasi, Staf Ahli Bupati Lahat, Asisten Bupati Lahat, OPD Pemkab Lahat, dan anggota DPRD Kabupaten Lahat.

Hat tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, MSi, MM dalam rapat Paripurna IV masa Persidangan Pertama tahun Sidang 2023 – 2024, dalam rangka pengumuman akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lahat masa jabatan 2018-2023.

Dijelaskan Ketua DPC Politisi Partai Demokrat Lahat ini, tidak terasa jabatan Bupati dan wakil Bupati Lahat telah berjalan 5 tahun dan masa jabatannya akan berakhir pada 9 Desember 2023. Dan, Alhamdulillah, selama ini hubungan antara eksekutif dan legislatif terjalin sangat harmonis.

“Kinerja Pemkab Lahat bersama Legislatif sangat di aprisiasi, karena telah bekerja optimal memaksimalkan misi seperti peningkatan APBD dari Rp. 1,8 Triliun menjadi Rp. 2,6 Triliun ditahun 2023 ini,” ujar Ketua DPRD Lahat, Senin (27/11).

Tidak itu saja, disampaikan Fitrizal, pertumbuhan ekonomi naik dari 4,3 persen menjadi 6 persen. Infrastruktur jalan cor aspal 58 persen, menjadi 79 persen. Lalu, program pendidikan sekolah gratis dan kesehatan gratis telah berjalan dengan baik.

“Sehingga, Lahat pun telah berhasil turunkan angka Stunting menjadi 19 persen. Ini menunjukkan hasil yang Positif, kemudian Pemkab Lahat juga telah sukses menyelenggaran Porprov Sumsel 2023, dan berhasil menjadi Juara Umum di Olahraga Provinsi Sumsel dari 17 Kabupaten/Kota,” ulas Fitrizal Homizi.

Oleh karenanya, sambung Fitrizal Homizi, unsur Pimpinan dan anggota DPRD Lahat memberikan apresiasi, Kabupaten Lahat juga banyak menyabet penghargaan. Seperti, Piala Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup RI, meraih WTP 9 kali berturut-turut, termasuk telah berhasil menurunkan angka Kemiskinan dan juga Inflasi.

“Selain telah berhasil menurunkan angka Kemiskinan tertinggi di 4 tahun terakhir, serta inflasi, juga diera kepemimpinan CAHAYA ini banyak sekali meraih berbagai penghargaan,” pungkasnya. (*)