oleh

Dewan Pers Verifikasi Suara Sumsel News

Jimy : Media Jangan Terpancing Isu Politik

Karyawan/Wartawan Merasa Bangga dan Puas

PALEMBANG, SuaraSumselNews | SELURUH karyawan SuaraSumselNews merasa bangga dan puas atas berhasilnya verifikasi media ini. Tim dewan pers yang dipimpin, Jimy Silalahi bersama Irwan melakukan verifikasi faktual ke redaksi.

Pimpinan Redaksi/Penjab SuaraSumselNews, Anwar Rasuan didampingi, Wapimpred Anto Narasoma, Muhammad Asri, Pimpinan Perusahaan, Asnaini Khamsin dan Wakil Pimpinan Perusahaan, A Aziz, serta dihadiri puluhan wartawan dan pemasaran, saat dilakukan verifikasi faktual, Selasa sore (18/9).

Anggota Dewan Pers, Jimy Silalahi sedang memeriksa kelengkapan media Suara Sumsel News.

Kehadiran tim dewan pers memberikan wahana positif dalam pengembangan media ini lebih baik lagi kedepannya. ‘’Saya bersama dewan redaksi, perusahaan serta manajemen SuaraSumselNews merasa lega hasil verifikasi administrasi dan verifikasi faktual yang dilakukan dewan pers,” ujar Anwar Rasuan.

BACA JUGA:  Hari Pertama PTM di Palembang, Wako Harnojoyo Semangati Siswa

Semua kelengkapan yang ditentukan dewan pers, disyukuri dapat terpenuhi. Meski masih ada sejumlah persyaratan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. “Pastinya dengan lolos verifikasi, mencerminkan media SuaraSumselNews telah melakukan peran jurnalistik. Utamanya dalam menjalankan UU Pers dan Kode Ethik Jurnaliatik (KEJ),” ujar Pimpinan Redaksi yang juga Ketua DKD PWI Sumsel ini.

Sementara, tim dewan pers yang dipimpin Jimy Silalahi menegaskan, hadirnya timnya ke Palembang, juga memberikan pembinaan penerbit dan online. Tujuannya untuk memberikan kepastian hukum bahwa media tersebut telah melakukan verifikasi.

Kata Jimy, melaksanakan verifikasi tersebut adalah perintah UU dan wajib dilakukan. Perlunya verifikasi sebagai wujud nyata  untuk menuju pers mandiri dan profesional. ‘’Disarankan dalam pemberitaan di media harus dilandasi UU Pers dan Kode Etik. Dan hendaknya waspada dengan pemberitaan yang mengandung unsur adu domba,” pintanya.

BACA JUGA:  Pemprov Sumsel Salurkan 100 Ton Beras untuk 120 Desa di Ogan Ilir

Jimy juga menyampaikan pesan bahwa hendaknya media itu jangan sampai terpancing dengan isu-isu berkaitan dengan politik. Karena hal tersebut bisa memicu pihak-pihak lain mendapat celah untuk menggugat media.

Redaksi Suara Sumsel News foto bersama Anggota Dewan Pers usai verifikasi media.

“Misalnya, pertempuran opini dan polemik sesama caleg. Apalagi berbeda pandangan dan berbeda haluan. Ini sudah pasti terpecah, satu pro Jokowi dan satu pro Prabowo,” urainya usai verivikasi kelengkapan media ini.

Menurut Jimy jangan hanya panen raya sesaat bagi media tersebut menjadi tergugat karena mendapat pesanan seperti pemasangan iklan. “Saya mohon pada teman-teman menjaga secara konten agar jangan terpancing,’’ paparnya.

Sebagai contoh, tambahnya, ada pemasangan iklan, tapi iklannya berisi kalimatnya yang berfotensi menjadi polemik kelompok seberang. Biasanya ini jadi gaduh dan ada kesempatan atau celah bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan, menggugat kita secara utuh. Itu yang selalu terjadi ketika media itu menikmati panen raya,” pesannya.

BACA JUGA:  Wagub Launching Satu juta Sambung Pucuk Kopi Petani Pagaralam

Sebelumnya, Senin kemarin (17/9) SuaraSumselNews bersama sembilan media online lainnya lolos verifikasi administrasi. Dimana sebelumnya 32 media online ikut verifikasi. Dan pada hari ini (Selasa 18/9) sore tim dewan pers melakukan verifikasi faktual ke redaksi dan hasilnya sangat positif. (*)

laporan: m.a

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.