Bukit Selabu Muba Masuk 25 Top Desa Cantik Secara Nasional

SEKAYU, SuaraSumselNews | MEMBANGGAKAN ! Ada Desa di Sumsel yakni Bukit Selabu, Batanghari Leko, Musi Banyuasin masuk 25 besar Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Nasional.

Pj Bupati Muba H Apriyadi senang dengan kinerja aparatur desa yang mau, pintar dan sigap mengelola data desa. 
Warga Musi Banyuasin bisa mengunjungi situs http://s.bps.go.id/bukitselabu untuk mengecek banyak potensi di desa ini. Dari peta ekonomi, kekhasan desa hingga jumlah warung dan DTKS. 

Desa Cantik (Cinta Statistik) ini, kata Apriyadi, sudah memenuhi tujuan yang disasar. 

“Ada peningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data. Ini memudahkan perencanaan pembangunan menjadi lebih tepat sasaran. Pihak pemerintah dan swasta juga jadi gampang untuk masuk memilah program bisa disinergikan,” kata Apriyadi, Sabtu  (10/12) di Jakarta. 

Bukit Selabu yang dijagokan sebagai desa cantik kabupaten ini akan melaju di putaran 10 besar nasional.
Apriyadi menghimbau desa lain di dan warga Muba ikut mendukung target ini. “A Bukit Selabu, Desa Cantik Muba di Top 25 Nasional

Dari peta ekonomi, kekhasan desa hingga jumlah warung dan DTKS. Pj Bupati Muba H Apriyadi senang dengan kinerja aparatur desa yang mau, pintar dan sigap mengelola data desa. 

Bukit Selabu yang dijagokan sebagai desa cantik kabupaten ini akan melaju di putaran 10 besar nasional. Apriyadi menghimbau desa lain di dan warga Muba ikut mendukung target ini. “Ayo dukung, kunjungi dan catat apa saja yang disajikan di situs http://s.bps.go.id/bukitselabu ini,” harap Apriyadi. 

Menurut dia Desa Cantik ini adalah upaya mengelola sumber daya dan mengidentifikasi kendala-kendala pembangunan di desa secara optimal dengan berlandaskan dengan statistik. “Desa Bukit Selabu terpilih karena melalukan program pembangunan berbasis data, mulai dari perencanaan, evaluasi, dan kebijakan pembangunan,” tambahnya. 

Data yang ditampilkan di situs desa, terang dia, lebih memudahkan mengetahui data potensi desa secara detail, apakah itu bisa dikelola menjadi desa wisata, atau desa edukasi dan lain sebagainya.  Masyarakat di desa pun tidak lagi kebingungan membaca data dan memanfaatkannya. 

Desa Bukit Selabu selama ini mendapatkan pendampingan, mulai dari pengumpulan, pemeriksaan, pengelolaan hingga penyajian data dari kolaborasi dan sinergi antara BPS Muba dan Pemkab Muba melalui tim Dinkominfo di bawah Kadin Herryandi Sinulingga. 

Menurut Sinulingga, pihaknya secara marathon bersama tim melakukan pembinaan langsung ke  seluruh desa di Muba. (se)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.