Ada Sebelas Sekolah di Kota Palembang, Terpapar Covid

PALEMBANG, SuarasumselNews | JUMlAH sekolah yang siswanya positif Covid-19 di Palembang terus meningkat. Dinas Kesehatan Sumsel menyebut sebelas sekolah termasuk di antaranya sekolah unggulan terpapar Covid-19.

Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nurainy mengatakan, jika sebelumnya di SMA 6 Palembang terdapat siswa yang terkonfirmasi Covid-19, kini ada 11 sekolah di Palembang yang terdapat kasus Covid-19.

“Yang positif harus segera menjalani isolasi dan dilakukan tracing, serta harus ditinjau kembali untuk pembelajaran di sekolah tersebut. Jadi kalau ada yang positif segera lakukan 3T yakni tracing, testing dan treatment,” ujar Lesty, Senin (7/2).

Dengan bertambahnya jumlah siswa sekolah yang terpapar Covid-19, lanjut Lesty, maka kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) harus kembali dievaluasi. “Harus ditinjau lagi proses pembelajarannya, apakah sebaiknya dilakukan PTM secara bertahap, misal 50:50,” ucapnya.

Menurut Lesty, jika pihak sekolah tidak bisa mengatur jumlah siswa yang harus menjalankan PTM, paling tidak harus disiasati 50 persen yang tatap muka, 50 persen lagi secara daring dan dilakukan secara bergantian.

“Jika dari total siswa yang ada dan yang terpapar Covid-19 mencapai 5 persen maka sebaiknya dilakukan pembelajaran daring saja. Jadi harus dilihat terus perkembangannya,” katanya.

Diungkapkan Lesty, bahwa saat ini penularan Covid-19 sedang mengalami peningkatan. Terlebih ada diduga varian Omicron di Palembang, yang penularannya empat kali lebih cepat dari sebelumnya.

“Yang harus dilakukan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi. Jadi, prokes tetap harus dilakukan dengan ketat dan percepat proses vaksinasi,” katanya.

Menurutnya, kalau presentase yang terpapar sudah tinggi maka harus ada kebijakan khusus, dan memang tidak bisa satu sektor. Untuk itu, kepada sekolah diharapkan memperhatikan anak didiknya untuk menerapkan prokes dengan ketat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.