Wisuda 783 Mahasiswa UBD Gelar Terapkan Prokes Ketat

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Universitas Bina Darma (UBD) kembali mewisuda 783 orang, dalam pelaksanaan wisuda tersebut, diterapkan protokol kesehatan ketat dengan cara membagi menjadi dua sesi, hal ini dilakukan untuk menjaga jarak setiap mahasiswa.

Rektor Dr Sunda Ariana MPd MM mengatakan,  tahun 2021 adalah tahun yang penuh perjuangan dan prestasi.

“Kami menyebutkan penuh perjuangan dan prestasi, karena tahun ini kami banyak berjuang dalam mendapatkan keberhasilan Universitas Bina Darma maupun Civitas Akademika-nya,” ujarnya di Hotel Whyndam Palembang, Rabu (8/12/2021).

Sunda merinci, adapun prestasi yang dicapai diantaranya peringkat III berdasarkan Jumlah Dana Hibah Penelitian Tahun 2021, Aspek Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II, Peringkat VI berdasarkan Jumlah Jurnal Terbanyak di Sinta Tahun 2021, Aspek Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II, Peringkat III atas nama dosen Universitas Bina Darma, Alfrendo Satyanaga, Ph.D., berdasarkan Peringkat Sinta Nasional Tahun 2021, Aspek Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II.Peringkat V atas nama dosen Universitas Bina Darma, Leon Andretti Abdillah, S.Kom., M.M., berdasarkan Peringkat Sinta Nasional Tahun 2021, Aspek Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II.

“Kemudian, Pemenang Hibah Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Hibah Tracer Study, Hibah Program Pendidikan Jarak Jauh, Hibah Gerakan Nasional Revolusi Mental, Hibah Program Talenta Inovasi Indonesia dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Pemenang Mata Lokal Award 2021 “Break The Limit With Positive Energy”: Tribun Sumsel Award 2021,” paparnya.

Dalam perhelatan PON XX Papua 2021 lanjut Sunda, Dosen Universitas Bina Darma menjadi Wasit di Ajang PON XX Papua 2021, Mahasiswa Universitas Bina Darma mendapat Medali Emas, Cabang Olahraga Anggar atas nama M. Diko Arfar  dan Medali Perunggu Cabang Olahraga Aldo Pratama Arjoni.

Kemudian, dalam perhelatan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Selatan XIII 2021 di OKU Raya, Mahasiswa Univeristas Bina Darma mendapatkan Medali, Emas, Perak dan Perunggu dari beberapa cabang olahraga. Mahasiswa tersebut yaitu: Nadya Vanska Septriana, Agustin Dwi Cahyani, Hariyadi,  Fachriyansyah Jabat R,  Ayu Destriana, Renza Anjelia Sonda, Muhammad Gymnastir, Siti Rahma Pertiwi, Betaria Dwi Jayanti, Yulia Riskina, Rizky Utama, M. Rafli Oktaparian, Renaldi Manuel,Sarwanto, Arif Nurdiansyah, Molina, Adellya Brilian, Riski Helmaliya, Rizki Kelana dan Sriyani.

“Selain itu, salah satu Guru SMKN 5 Palembang dan sekarang sedang menimba ilmu di Magister Teknik Informatika, Saudara Aan Novrianto sebagai Juara I di ajang Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2021 bidang Data Sciences,” imbuhnya.

Sunda menuturkan, Universitas Bina Darma berhasil masuk 3 Besar pada ARUBALYMPICS 2021. Pencapaian prestasi Universitas Bina Darma juga, telah meluluskan mahasiswa dari negara asing, yaitu ada 22 mahasiswa, diantaranya dari negara Korea Selatan, India, Bolivia, Mexico, Brazil, Amerika Serikat, Filipina, Kosta Rika, Turkmenistan, Timor Laste, Taiwan dan Argentia. Salah satunya yang hari ini di wisuda adalah Rachel Joy Oberto dari Amerika Serikat, wisudawan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Sunda menerangkan, di wisuda kali ini, ada Sekda Ogan Ilir, Mukhsin dari Magister Teknik Sipil, Dalam bidang kerja sama dengan mitra Universitas Bina Darma, dari awal Januari sampai sekarang telah ada 75 Institusi yang melakukan MoU dengan Universitas Bina Darma, yaitu dari Instansi Pemerintah dan Swasta, baik lokal nasional, internasional, serta Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

“Prestasi kami tidak akan berhenti sampai disini, semangat continues improvment akan terus kami lakukan dengan tagline BERMUTU (Bertekad Maju Untuk Tetap Unggul),” bebernya.

“Perbaikan ke arah yang lebih baik, terus kami jalankan, sesuai amanah Almarhum Pendiri Universitas Bina Darma, Bapak Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc. Semoga apa yang Beliau cita-citakan yang dituangkan dalam visi dan misi Universitas Bina Darma menjadi Perguruan Tinggi yang berbasis IT dan Berstandar Internasional dapat tercapai di tahun 2025,” tambah Sunda.

Dijelaskannya, Bina Darma sejak berdiri tahun 1993 berjumlah 25.774  orang, dan hari ini Universitas Bina Darma  kembali meluluskan 783 orang.  Dan ada 21 (dua puluh satu) orang Wisudawan Terbaik di masing-masing Program Studi, dengan predikat Dengan Pujian. “Lulusan kali ini merupakan lulusan Periode Desember 2021,” bebernya.

“Proses wisuda kali ini digelar dua sesi dengan menerapkan prokes ketat. Seluruh yang hadir wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizier, selain itu untuk menjaga agar jangan sampai menumpuknya mahasiswa yang di wisuda, maka kami membagi wisuda kali ini menjadi dua sesi dan melakukan pengecekan suhu tubuh,” pungkasnya. (asri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.