Vaksinasi Anak-di RSMH Sempat Terjadi Keributan

Terkait Pendaftaran Via Online dan Manual

PALEMBANG, SuataSumselNews | VAKSINASI anak dan remaja usia 12-17 tahun yang di adakan Di  RSMH hendak dibubarkan, karena terjadi keributan orang tua dan pihak Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Muhammad Hosein Kota Palembang.

Penyebabnya, pihak RSMH berniat untuk membubarkan peserta karena antrean yang terlalu panjang. Dan peserta yang hendak divaksin ternyata banyak yang tidak mendaftar secara online, sabtu (10/7).

Perdebatan terkait masalah antrean yang di anggap tidak teratur oleh orang tua peserta. Bahkan, dengan antrean ini sempat terlihat adanya kerumunan dari antrean peserta Vaksinasi anak. Selang beberapa menit vaksinasi massal ini kembali berjalan dengan mendahulukan peserta yang sudah mendaftar secara online.

Terkait Hal ini, pihak RSMH mengatakan jika proses vaksinasi anak ini sudah di atur agar tidak terjadi kerumunan peserta dalam proses adminitrasi vaksinasi anak.

Ketua Pelaksana Vaksinasi RSMH Palembang, Sudarto mengatakan jika awalnya peserta harus mendaftarkan diri secara online jika ingin ikut Vaksinasi.
Tapi masalahnya peserta ini tidak teratur, karena ada yang telah di jadwalkan datang Pukul 10.00 WIB atau pukul 11.00, dari pagi hari sudah datang. Timbul penumpukan dengan peserta yang memang di jadwalkan jam pagi.

‘Kekeliruan ini yang sebenarya terjadi. Bukanya peserta yang dahulu datang itu di dahulukan. Jadwalnya sudah ada di Email yang dikirim,” tutur Sudarto saat di bincangi.

Selain itu juga, lanjut dia, adanya peserta yang datang tapi tidak mendaftarkan diri secara online. Hal inilah yang menjadi keributan dan sempat menimbulkan kerumuman.

“Memang tadi kita ingin selesaikan vaksinasinya, karena situasi sudah mulai tidak kondusif dan timbul kerumunan. Namun sudah kita atur sedemikian rupa dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga kerumunan antrian tadi bisa di atasi,” terangnya.

Lanjut dia, RSMH dari awal hanya membuka pendaftaran diri peserta vaksinasi lewat Online. Dan tidak ada proses pendaftaran secara manual di lokasi vaksinasi. Bahkan untuk hari ini saja ada 3000 lebih peserta vaksinasi yang mendaftar melalui online.

Ke depan vaksinasi anak di RSMH akan berjalan pada jam kerja dari Senin sampai Jumat. Dalam satu hari RSMH tetap menargetkan 3000 anak dapat di vaksin tergantung ketersediaan vial vaksin di RSMH.

“Hari ini target kita 3000 peserta vaksinasi itu selesai dalam satu hari. Kami ingatkan kembali kepada masyarakat jika ingin mengikuti vaksinasi anak-anaknya harus mendaftarkan diri secara online. Tidak ada pendaftaran secara Manual (dilokasi),” tutupnya.

Pendaftaran vaksinasi di RSUP Muhammad Hoesin bisa dilakukan dengan mendaftar melalui link http://app.rsmh.co.id/vaksin_rsmh. Pelayanan dibuka mulai pukul 08:00 – 17:00 WIB.(*)
laporan ; winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *