oleh

Semua Jemaah Debarkasi Palembang Sudah Pulang

Kemenag: Jaga Kemabruran Haji

PALEMBANG, SuaraSumselNews | SEBANYAK 3.720 jemaah haji telah pulang dari tanah suci melalui Debarkasi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Jumlah tersebut berkurang dua, karena satu jemaah wafat di Madinah dan satu lainnya pulang lebih awal (Tanazul) via Jakarta.

Tahun ini Embarkasi – Debarkasi Bandara SMB II Palembang melayani sembilan kelompok terbang (kloter) jemaah haji berasal dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Kepulauan Bangka-Belitung (Babel). Semua kloter telah kembali ke Tanah Air dari Arab Saudi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumsel Syafitri Irwan mengatakan, debarkasi haji Palembang telah memberangkatkan sembilan kloter dengan jumlah jemaah sebanyak 3.722 orang yang berasal dari Sumsel dan Kepulauan Babel.

BACA JUGA:  PGRI Sumsel tak Hanya Cetak Lulusan Guru Saja

Dari 3.722 orang yang berangkat ke Tanah Suci diketahui satu di antaranya dari Babel wafat di Madinah, dan satu asal Sumsel pulang lebih awal (Tanazul) melalui Jakarta.

Jadi, kata dia, jemaah haji yang kembali melalui debarkasi Palembang total berjumlah sebanyak 3.720 orang, sesuai dengan jadwal yang ditentukan sebelumnya, termasuk pendamping perjalanannya.

Ia menyebutkan, rombongan haji pada kloter pertama tiba dengan selamat 1 Agustus. Kemudian, kloter kedua tiba 2 Agustus.

“Kloter terakhir debarkasi Palembang adalah kloter 9 yang tiba tadi pagi (Sabtu, 13/8) di Bandara SMB II Palembang membawa 123 orang haji asal Kabupaten OKU Selatan dan Kota Palembang,” katanya, Sabtu (13/8).

Dengan kepulangan kloter terakhir itu sekaligus menandakan operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2022 M debarkasi Palembang berakhir.

BACA JUGA:  5 Wartawan PWI Sumsel Lolos Seleksi Tenis Meja

“Alhamdulillah 100 persen jamaah dinyatakan negatif Covid-19 dan selamat kembali ke kampung halaman, jaga kemabruran hajinya,” ujarnya.

Ia menyebutkan setelah pemulangan jemaah haji selesai PPIH Kemenag Sumsel segera melakukan evaluasi supaya penyelenggaraan ibadah haji tahun depan semakin lebih baik. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.