Polda Sumsel Minta Maaf, Terkait Oknum Polisi Pukul Anggota POM TNI

PALEMBANG, SuaraSumselNews | ADANYA oknum polisi pukul anggota TNI Pomdam II/Swj di Palembang Selasa lalu (13/9) telah menarik perhatian dari publik.

Video aksi pemukulan anggota TNI oleh oknum Polisi di Jalan Jenderal Sudirman Km-3,5 di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Palembang itu telah beredar luas dan viral di sosial media.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi mengatakan sangat menyayangkan adanya insiden pemukulan oknum polisi pukul anggota TNI tersebut.

“Kami sayangkan terkait kejadian tersebut. Kami dari kepolisian juga memohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan,” ujarnya, Rabu (14/9).

Kata Supriadi, pemeriksaan sedang dilakukan terhadap oknum polisi yang melakukan pemukulan. Meski demikian, belum dijelaskan lebih lanjut terkait pemicu emosi pelaku memuncak sebab masih diselidiki oleh Bid Propam dan Ditreskrimum Polda Sumsel.

“Apabila ditemukan adanya unsur pidana akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku. Baik itu disiplin maupun pidana umumnya,” ujar Supriadi.

Disinggung lebih lanjut soal sosok pelaku pemukulan yang belakangan diketahui berinisial MS. Supriadi berujar bahwa anggota polisi tersebut bertugas di Biddokes Polda Sumsel.

Supriadi juga menjawab selentingan yang menyebut adanya dugaan pelaku memiliki riwayat gangguan kejiwaan.
“Tidak ada (gangguan kejiwaan) karena sebenarnya yang bersangkutan sebelumnya di Bid Humas. Sebelumnya yang bersangkutan biasa-biasa saja. Tapi mungkin karena ada satu dan lain hal, perkembangan-perkembangan. Nah itu yang tidak saya ketahui,” ujarnya.

Lanjutnya, pelaku pemukulan juga sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dari psikolog. “Kemarin sudah dilakukan pemeriksaan dan hasilnya sudah diserahkan ke pimpinan kepada pak Kapolda,” ujarnya.

Helm Terlepas
Viral di sosial media rekaman video aksi pemukulan oleh diduga oknum polisi ke seorang anggota TNI yang sedang bertugas mengatur arus lalu lintas, Selasa (13/9).

Dalam video berdurasi 1 menit 24 detik yang beredar, diketahui peristiwa itu terjadi di Jalan Jenderal Sudirman Km-3,5 tepatnya di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Kota Palembang.

Peristiwa itu bermula ketika seorang anggota TNI yang mengenakan seragam Pomdam II/Swj namun belum diketahui identitasnya tersebut, baru saja membantu seorang siswa menyebrang jalan.

Selanjutnya korban terlihat hendak kembali melanjutkan tugasnya mengatur lalu lintas yang terlihat sedikit padat.

Namun saat akan menyebrang, tiba-tiba muncul pelaku menggunakan sepeda motornya dari arah simpang Polda melewati TMP.

Entah apa alasannya, pelaku yang menggunakan baju olahraga menghentikan kendaraannya dan sempat terlibat cekcok singkat dengan korban.

Hanya hitungan detik, tamparan pelaku tepat menghantam wajah korban hingga helm yang dikenakannya terlepas.

Tak terima perlakuan itu, korban lalu membalas tamparan pelaku. Kejadian ini sontak menjadi perhatian warga yang melintas termasuk anggota polisi yang juga bertugas mengatur arus lalu lintas.
Pelaku nampak langsung diamankan setelah kejadian tersebut.

Sementara itu, berdasarkan informasi dihimpun, pelaku pemukulan adalah polisi berinisial MS yang bertugas di Biddokes Polda Sumsel.

Dari pantauan, personel TNI yang menjadi korban pemukulan telah melapor ke SPKT Polda Sumsel dan ditindaklanjuti oleh Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *