PJ Sekda Banyuasin Resmikan Lapangan Futsal Balitbun

Sekaligus Serah Terima Bantuan Bedah Rumah

SEMBAWA, SuaraSumselNews | Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin (Sekda), Hasmi, S.Sos., M.SI melaksanakan Peresmian Lapangan Futsal Balitbun Sembawa sekaligus Serah Terima Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Rejodadi Kecamatan Sembawa, Jumat (20/1).

Pada momentum ini, Bupati Banyuasin diwakili Sekretaris Daerah bersama jajaran Forkopimda ikut meresmikan lapangan futsal Balitbun dan pelaksanaan serah terima bantuan bedah rumah dari CSR Sumsel Babel cabang Pangkalan Balai sebanyak 5 (lima) unit rumah di Desa Rejodadi dan Desa Limau Kecamatan Sembawa.

Dalam sambutan dan arahannya, Sekretaris Daerah Hasmi menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuasin menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada semua pihak terutama Bank Sumsel Babel karena telah merealisasikan bantuan bedah rumah dengan harapan terbangunnya rumah ini dapat memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat.

“Pemerintah Banyuasin melalui Dinas Perumahan Rakyat dan kawasan permukiman serta pertahanan Kabupaten Banyuasin telah melakukan pendataan dan terverifikasi sebanyak 19. 433 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan sebanyak 19.303 unit backlog rumah yang tersebar di Kabupaten Banyuasin, tidak seimbang dengan laju ketersediaan infrastruktur yang berakibat pada munculnya kekumuhan penurunan kualitas perumahan menjadi tidak layak huni dan permukiman tidak sehat,” ungkapnya.

Melalui diresmikan lapangan futsal di Balitbun untuk mengajak masyarakat terus aktif melakukan kegiatan olahraga demi menjaga imun, ketahanan tubuh dan kesehatan. Apalagi di Balitbun ini ada tempat wisata, diharapkan agar tetap dikembangkan untuk kedepannya serta setiap hari bisa ramai dikunjungi oleh masyarakat Kecamatan Sembawa.

“Kepada seluruh masyarakat Kecamatan Sembawa agar tetap menjaga semua infrastruktur yang telah dibangun sehingga kondisi fasilitas yang tersedia tetap baik dan terjaga serta dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” tuturnya.

Dilanjutkan Hasmi, Pemkab Banyuasin telah melakukan upaya penanganan RTLH baik melalui berbagai sumber anggaran APBN, APBD, aspirasi DPRD, dana desa maupun kontribusi dari Baznas, CSR, dan pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

“Besar harapan kami bantuan seperti ini bisa terus berkelanjutan sehingga dapat mengurangi rumah tidak layak huni di Kabupaten Banyuasin sehingga bisa baik dari sisi kehandalan bangunan, kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai dan akhirnya dapat memajukan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banyuasin,” pungkas Sekda.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Sriyatun, SP dari Komisi ll dalam sambutannya mengatakan program bedah rumah tidak layak huni akan terus berlanjut setiap tahunnya. Sampai saat ini sudah terselesaikan sebanyak 19.000 dari 40.000 oleh Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin, bertujuan untuk membantu masyarakat Kabupaten Banyuasin untuk memiliki rumah yang layak huni serta nyaman ditempati.

Hari ini juga kita meresmikan lapangan futsal di Balitbun diharapkan bisa tetap ramai masyarakat untuk berolahraga, selain itu juga sudah banyak wisata yang tersedia, salah satu untuk tempat refreshing dan healing yang tidak jauh bisa dijangkau dari rumah.

“Adanya bantuan bedah rumah ini bisa membuat masyarakat Kabupaten Banyuasin tahu bahwa Pemerintah dan Bank Sumsel Babel berperan penting dalam proses pembangunan setiap tahunnya untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Banyuasin. Semoga program bedah rumah ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan salah satunya secara simbolis kita memberikan bantuan kepada bapak Purnomo dan ibu Supiyia,” katanya.

Turut hadir Asisten ll Perekonomian dan Pembangunan Setda, Para Kepala OPD Kabupaten Banyuasin, Direktur Bisnis Bank Sumsel Babel, Direktur Bank Sumsel Babel Pangkalan Balai, Kepala Balai P2P Wilayah Sumatera 5, Dandim 0430 Diwakili, Kepala Pusat Penelitian Sembawa, Camat Sembawa, Para Kepala Desa Sekecamatan Sembawa. (Diskominfo/IKP).