Pemcam Betung Melakukan Monitoring dan Evaluasi DD

Khusus untuk Desa Tajaraya II

BANYUASIN, SuaraSumselNews | PEMERINTAH Kecamatan (Pemcam) Betung Kabupaten Banyuasin, melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pembangunan pemerintah desa yang menggunakan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat.

“Monev ini merupakan salah satu bentuk tugas pemerintah kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Camat Betung M.Sobir, Sos saat mengecek pembangunan Desa Tajaraya II, Kamis (19/1).

Dia mengatakan, monev tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dan aparat desa bisa tertib dalam administrasi program pembangunan yang menggunakan Dana Desa.

Namun begitu dalam monitoring dan evaluasi ini hanya bersifat teguran dan pembinaan, tidak mendetail karena kalau tupoksi pengawasan dan pemeriksaan merupakan ranah Inspektorat,” jelasnya.

“Kita hanya monitoring dan evaluasi saja, sejauh mana mereka melaksanakan kegiatan ini dan kendala apa yang mereka temui di lapangan.

Dan memberikan masukan apabila ada kendala yang ditemui oleh pemerintah desa. Jadi kita lebih kepada pembinaannya,” ujarnya.

Kepala Desa Taja Raya II Khoirullah mengatakan hari ini sudah di monitor dari pihak kecamatan untuk melakukan monitoring (Monep).

Pemeriksaan di mulai dari pembangunan jalan Sukatani, RLTH sebanyak 5 unit. Ya sudah selesai di monitor dari pihak kecamatan,” tuturnya.(*)
laporan : temi jen husni