Liku Lematang Rawan Longsor

Ini Hampir Setiap Tahun Terjadi

PAGARALAM, SuaraSumselNews | KEMBALI tanah longsor terjadi di Kota Pagaralam, Jumat (17/9) sekitar pukul 10.30 WIB. Bencana longsor terjadi di kawasan Liku Endikat Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagaralam.

Akibat tanah longsor tersebut jalur utama penghubung Pagaralam- -Lahat sementara waktu tidak bisa dilalui. Pasalnya material longsor menutupi semua bagian jalan.

Tanah longsor memang sering terjadi di kawasan Liku Endikat dan Liku Lematang Indah. Di jalur tersebut terdapat jurang di sisi kanan dan kiri jalur. Hal ini juga diperparah jika sedang musim hujan seperti saat ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pagaralam Herdensi melalui Kasi Kedaruratan Azzer membenarkan jika dua lokasi tersebut menjadi salah satu titik kawasan paling rawan longsor.

“Liku Endikat dan Liku Lematang memang satu dari beberapa kawasan di Pagaralam yang rawan longsor. Hal ini disebabkan di sana ada tebing tinggi di sisi jalan,” ujarnya.

Saat ini memang berdasarkan petunjuk dari BPBN sejumlah wilayah di Indonesia sedang mengalami curah hujan tinggi. Kota Pagaralam merupakan salah satu kabupaten/kota yang menjadi kawasan rawan bencana saat musim hujan.

“Berdasarkan arahan dari BPBN per tanggal 13 September 2021 lalu. Kita memang sedang memasuki musim penghujan. Bahkan curah hujan di beberapa wilayah termasuk Pagaralam termasuk tinggi,” katanya.

Pagaralam yang letak geografisnya memang berada dikawasan dataran tinggi dan perbukitan. Jadi saat musim hujan menjadi kawasan rawan longsor.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *