Kerjasama Pemprov-APINDO

Untuk Pengembangan UMKM Daerah

PALEMBANG, SuaraSumselNews | PENYERAHAN Anugerah Kinerja Perusahaan Siddhakarya Tahun 2018 dan menandatangani MoU antara Pemprov Sumsel dengan Asosiasi Pengusahaan Indonesia (APINDO) dan perguruan tinggi. Dan kegiatan ini digelar di Gedung Serbaguna PT Pusri Palembang.

SN Prana Putra Sohe, Wali Kota Lubuk Linggau, menuturkam bahwa  penghargaan yang diberikan oleh provinsi kepada daerah  nantinya akan diikutkan dalam lomba. Termasuk ke jenjang lebih tinggi tingkat nasional.

Ternyata ada dua hingga 3 kota yang diberikan oleh pemprov nantinya. Makanya, dengan dilombakan di tingkat nasional, Alhamdulillah dari 3 wilayah dan 6 usaha UMKM. Insya Allah, itu yang akan diikutkan di tingkat nasional tahun depan. ‘’Kita bersyukur buat Kota Lubuk linggau, UMKM  yang mengajar potensi daerah kopi  duren dan hotel city,” ujarnya

Sementara, peran Pemkot untuk mengangkat UMKM, Prana Sohe mengatakan sudah dapat mengembangkan UMKM yang ada. Dan pemerintah hanya sebagai fasilitator saja. Apakah  yang di kenal saat ini cukup bagus. Orang bisa melihat melalui media sosial (medsos) dan internet.

Kenyataannya, juga sudah mampu mengembangkan apapun yang mereka inginkan. Apapun yang mereka cita-citakan, sudah bisa berinovasi dan apapun itu,” ujarnya.

Lanjut dia, masalah modal saat ini sudah dari KUR atau perusahaan yang memberikan CSR nya. Tidak hanya lokal dari luar daerah pun kalau memang itu bagus, maka dilirik oleh orang lain.

Tambahnya, hingga saat ini, ada 14 dari 46 potensi lokal, produk-produk yang bisa masuk dalam Alfamart dan Indomaret. “Itu yang sudah ada label. Tapi ya tetap saja sekarang terus membangun gairah semangat masyarakat untuk berkreatif,” tutupnya.(*)

laporan :winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *