Jelang Ramadhan, Warga Rambutan Sedekah Dusun

RAMBUTAN, SuaraSumselNews | SEJUMLAH masyarakat di wilayah Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin menggelar tradisi sedekah pedusunan untuk mendoakan paraWarga leluhur dan orang tua menjelang Ramadhan 1442 Hijriah.

“Upacara sedekah pedusunan sudah menjadi tradisi sekaligus warisan yang biasa digelar jelang bulan Ramadhan. Ini dilaksanakan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT sekaligus bakti terhadap leluhur dan orang tua,” jelas Winarni (39) warga Desa Sungai Dua Kecamatan Rambutan, disela kegiatan itu, Jumat kemari (9/4).

Menurut dia, kegiatan sedekah pedusunan sebenarnya tidak hanya diadakan di Desa Dungai Dua. Namun juga biasanya digelar di desa lain dengan mengadakan kegiatan yang serupa. Karena kegiatan ini merupakan sudah menjadi bagian dari sebuah tradisi turun temurun dari nenek moyang mereka, bahwa sebelum menghadapi bulan puasa umat muslim harus membersihkan hati dan pikiran.

“Jadi bukan hanya membersihkan hati antara hubungan kita dengan Tuhan, namun juga untuk hubungan kita dengan para leluhur dan orang tua yang sudah meninggal dunia,” katanya.

Winarni mengatakan, tradisi ini erat kaitannya dengan agama Islam, yang dinilai memiliki jasa yang besar dan banyak mengajarkan tentang kebaikan.

Ia mengatakan, kata sedekah pedusunan yang biasa sering disebut masyarakat setempat sebagai sedekah dusun, menurut ajaran para leluhur menjelang Ramadhan disunahkan untuk melakukan ziarah kubur dan sebelum memasuki makam disunahkan untuk membaca doa.

Sementara itu, dalam tradisi yang diikuti oleh warga di desa sungai dua, sedekah pedusunan dimulai dengan melakukan doa bersama.

Setelah berkumpul dan pembacaan doa selesai dilakukan, warga setempat melakukan ziarah kubur bersama. Salah satu warga setempat, Dewi mengaku selalu mengikuti tradisi sedekah pedusunan ini, karena selain ikut serta untuk menjaga tradisi turun temurun, tradisi ini juga untuk mendoakan leluhur dan orang tua.

“Saya setiap tahun selalu ikut, karena makam orang tua saya juga ada didesa ini, jadi untuk mendoakan orang tua sekaligus untuk memohon ampunan dosa sebelum menjalani ibadah di bulan Ramadhan,” kata ibu rumah tangga 40 tahun itu. (tem/den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *