Dijadwalkan, 3 Paslon Kepala Daerah di Sumsel Akan Dilantik 17 Februari 2021

Empat Lainnya Hasil Pilkada Tunggu MK

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews | TIGA dari tujuh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2020, resmi ditetapkan sebagai pemenang. Ketiga pasangan itu bakal dilantik 17 Februari 2021 mendatang.

Pelaksana Harian Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Amrah Muslimin mengatakan, penetapan paslon terpilih dilakukan hari ini di Musi Rawas, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Sementara pilkada Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas Utara (Muratara), Ogan Komering Ulu (OKU) dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), masih menunggu hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Tiga paslon terpilih sudah resmi ditetapkan oleh masing-masing KPU,” ungkap Amrah, Kamis (21/1).

Dikatakan, pihaknya tengah melakukan persiapan dalam rangka menghadapi sidang di MK. Rapat kerja seluruh KPU di daerah yang bersengketa akan digelar.

“Dalam gugatan ada dugaan pelanggaran dalam penetapan daftar pemilih tetap (DPT), money politic dan pelanggaran sistematis lainnya. Itu yang sedang kami kaji,” ujar dia.

Amrah optimistis gugatan bakal ditolak MK. Dia menilai pelaksanaan Pilkada serentak di Sumsel berjalan secara demoktratis dan tidak terdapat pelanggaran.

“Mudah-mudahan berjalan lancar agar penetapan pasangan terpilih bisa dilakukan dan selanjutnya dilantik,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sumsel Ahmad Rizali menjelaskan, pelantikan tiga pasangan terpilih akan dilantik oleh Gubernur Sumsel Herman Deru di Griya Agung Palembang, 17 Februari 2021. Kemudian, pelantikan dilakukan pasangan terpilih Kabupaten OKU, OKU Selatan, dan Muratara. Sementara PALI digelar pada tahapan berikutnya.

“Kami bagi tiga tahap pelantikan, untuk tiga pasangan dilantik 17 Februari dan empat pasangan lain pada tahap selanjutnya, tergantung hasil MK,” katanya.

Ketiga pasangan yang bakal segera dilantik adalah Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir terpilih Panca Wijaya Akbar-Ardani, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Musi Rawas Ratna Machmud-Suwarti, dan Bupati dan Wakil Bupati terpilih OKU Timur Lanosin-HM Adi Nuhraha Purna Yudha. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *