Cuk Ujang Panen Padi Bersama Giat PATB Desa Tanjung Payang

LAHAT, SuaraSumselNews | UNTUK peningkatan produktifitas padi, Bupati Lahat Cik Ujang SH panen padi bersama kegiatan Perluasan Areal Tanam Bary (PATB) tahun 2020 di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan .Senin (14/6)

Tampak hadir dalam kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang SH, SKPD, Ketua TP PKK Lahat Lidyawati Cik Ujang, Kepala Dinas Pertanian Lahat Eti Listina SP. MM dan jajaran Camat Lahat Selatan Kades Tanjung Payang dan Kelompok Tani yang panen padi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Etty Listina SP . MM mengatakan peningkatan produksi padi dalam kegiatan Panen padi Bersama kegiatan Perluasan Areal Tanam Bary (PATB) tahun 2020 di desa Tanjung Payang.

Berdasarkan data kerangka sample area (KSA) BPS tahun 2020 produksi padi di Kabupaten Lahat mencapai 70.278 ton. Dengan produktifitas 49,60 kuintal /Ha . Angka produktifitas itu turun sekitar 0,83 kuintal/Ha dari tahun 2019 yang mencapai 50,40 kuintal /Ha dan 4,36 kuintal/ Ha dari tahun 2018 yang mencapai 53,96 /Ha .

“Untuk mengembalikan produksi padi tersebut pada tahun 2021 salah satunya dengan PATB padi . Yang menyasar pada 928 Ha Lahan bukaan baru baik pada ladang maupun sawah yang terlantar. Dimana setiap hektar nya di perbantukan benih padi unggul bersertifikat 40 kg/Ha, Pupuk NPK non subsidi 200 kg/Ha, Herbisida, Pestisida, dan pupuk hayati,” jelasnya .

“Di Desa Tanjung Payang ini pertumbuhan padi kegiatan PATB sangat baik dengan hasil 50-70 kuintal/Ha .dan ini merupakan peningkatan produksi padi. Harapannya ini dapat di ikuti kecamatan kecamatan yang lainnya khususnya di kabupaten Lahat,” katanya .

Selain itu permasalahan budi daya padi tidak terlepas unsur organisme pengganggu tanaman dan faktor alam. Untuk itu di tahun 2021 selain kegiatan PATB telah di programkan bantuan benih unggul baru untuk lahan sawah seluas 1.000 Ha dari Kementrian Pertanian . Dan tanam jajar legowo, pergiliran varietas / tanaman serta gerakan pengendalian dengan melibatkan petugas penyuluh lapangan .

“Langkah nyata pergiliran tanam akan kami terapkan di ataran sawah ini, di mana setelah lahan ini panen akan di tanam dengan kedelai . Harapan kami dengan ini mampu mengangkat produksi padi minimal di atas 51 kuntal/ Ha”, ujarnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH mengajak untuk saling bantu saling gotong royong. “Insya Allah kalau pemikiran kita sama untuk membangun Kabupaten Lahat dan ini untuk membangun persawahan di Kabupaten Lahat. Padi /beras ini adalah makanan pokok kita. Hari ini Panen padi Bersama kegiatan Perluasan Areal Tanam Bary (PATB) tahun 2020 di desa Tanjung Payang, dalam Peningkatan produksi padi.

“Harapannya dengan kegiatan ini padi hasilnya maksimal dan masyarakatnya bisa Makmur sejahtera dan bercahaya. Mari kita bersama-sama bersatu untuk membangun pertanian di Kabupaten Lahat, khususnya di Kecamatan Lahat Selatan Desa Banjarnegara Tanjung Payang”, pungkas Bupati Lahat .(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.