oleh

Banjir di OKI, Hujan Ekstrim, Air Pasang, Drainase Bermasalah

Sejak Dini Warga Harus Waspada

KAYUAGUNG, SuaraSumselNews | MEMANG masalah banjir, hampir seluruh wilayah Sumsel terdampak. Dan yang tak lupa bagi wong Sumsel, saat turun hujan subuh 25 Desember 2021 lalu. Utamanya Kota Palembang terkepung oleh banjir secara menyeluruh.

Dan bagaimana wilayah Kabupaten
Ogan Komering Ilir (OKI) yang terjadi di beberapa Kecamatan dan Kelurahan dalam satu pekan terakhir? Ya tentunya disebabkan tingginya curah hujan dan fenomena air sungai pasang.

Dari pantauan media ini disejumlah kawasan, banyak ditemukan dua hal yang sangat serius. Misalnya, tentang kurang berfungsinya drainase hingga ke anak-anak sungai. Bahkan tak bisa mengalirkan air karena tersumbat atau kendala lain.

BACA JUGA:  Antusias Siswa SDN 04 Gedung Agung, Vaksinasi

Dan lagi, air hujan yang tergenang bertambah tinggi dengan luapan air pasang yang tak bisa dibuang ke sungai. “Karena air sungai sedang pasang tak bisa dialirkan ke sungai. Kejadiannya, air terhambat mengalirnya,” ujar Pak Asrul (50) warga Tanjung Serang Kota Kayuagung, Rabu kemarin (12/1).

Pastinya, menurut dia, kondisi ini membuat warga harus mengungsi ke lantai dua rumah atau daerah yang lebih tinggi. Kondisi seperti ini tak terhindarkan. Dan ini salah satu solusi yang dilakukan. Apalagi, warga dituding
sepertinya tak mampu menangani banjir dalam beberapa tahun terakhir.

“Kalau air sedang pasang, dan hujan lebat turun, air pasti meluap karena tidak bisa mengalir ke sungai,” paparnya.

BACA JUGA:  PT Sriwijaya Mega Wisata Siap Berangkatkan Jemaah Umrah

Dia juga mengatakan, banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir terjadi karena intensitas hujan cukup tinggi yang dibarengi dengan air sungai pasang. Hujan lebat terjadi dalam satu minggu ini, sementara air di sungai sedang dalam kondisi pasang. Jadi air tidak bisa langsung bisa turun ke sungai,” tambah Asrul.

Diketahui, sebaran hujan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan cukup tinggi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Curah hujan cukup tinggi terjadi di sejumlah wilayah Kecamatan di Bumi Bende Seguguk terlihat digenangi air dalam satu pekan terakhir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Listiadi Martin mengatakan, pihaknya siap untuk membantu menangani banjir di beberapa wilayah di Kabupaten OKI.(*)
laporan : adeni andriadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait