Bangga, Layanan Prima Dukcapil Banyuasin Dapat Kunjungan Dirjen

Selama 3 Hari Mampu Layani 1.763 Dokumen

 

BANYUASIN, SuaraSumselNews | KABAR GEMBIRA untuk warga Kabupaten Banyuasin. Ya ada apa? Karena Disdukcapil disini mendapat kunjungan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI Dr.H.Teguh Setyabudi,M.Pd, Kamis (26/10) pekan kemarin.

Maksudnya kunjungan ini untuk meninjau pelaksanaan pelayanan bersama Dukcapil di Halaman Kantor Camat Talang Kelapa yang didampingi Pj Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH.

Dirjen Teguh Setyabudi meninjau pelayanan yang telah menuntasskan 1.763 dokumen dalam 3 hari ini.

Diketahui bahwa Pj Bupati H. Hani Syopiar dan Dirjen Dukcapil H. Teguh Setyabudi bersama rombongan mengunjungi 6 jenis pelayanan bersama yan digelar sejak 23 Oktober lalu.

Dan nemang, pelayanan bersama ini merupakan kolaborasi dari Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A). Juga dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyuasin.

Dengan demikian, selain dokumen kependudukan masyarakat, juga bisa mendapatkan pelayanan perizinan, pelayanan KB, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Perpustakan Keliling, bantuan zakat, dan berbagai pelayanan lainnya terkait.

Kepada Teguh Setyabudi, Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam menjelasksn bahwa Kabupaten Banyuasin adalah kabupaten pemekaraan dari Kabupaten Musi Banyuasin pada tahun 2002 dengan luas wilayah 12.262 km2. Penduduk berjumlah 844.107 jiwa tersebar di 21 Kecamatan dan 313 Desa/Kelurahan serta 80 persen adalah perairan.

Dimana dari kondisi dan letak geografis ini. kami harus bekerja keras serta bekerja tuntas untuk menyelesaikan target-target yang telah diamanatkan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, urai Pj Bupati ini dengan lugas.

“Adapun langkah dan strategi kedepan dalam percepatan target capaian untuk membangun kepercayaan publik serta peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Bahwa pelayanan bersama ini akan dibudayakan dan dilaksanakan secara kontinyu keseluruh Kecamatan dengan terjadwal dan terukur,” katanya.

Dilanjutkan H. Hani Rustam, hasil pelayanan bersama dari 23 Oktober 2023, saat ini berjumlah 1.763 dokumen, rekaman dan IKD dengan rincian sebagai berikut cetak KTP El 564 keping, kartu keluarga 538 lembar, akta kelahiran 150 lembar, perekaman 116 wajib KTP, akta kematian 20 akta, SKP WNI 10 lembar, KIA 67 keping, dan IKD 298 aktivasi.

“Kegiatan seperti ini akan dilakukan secara berkala diberbagai Kecamatan. Dan selanjutnya mengenai penghargaan yang telah didapat menjadi pemicu Pemerintah Daerah untuk lebih melayani masyarakat. Pelayanan nantinya akan kita tambah tidak hanya 6 pelayanan akan ditambah, selain mendekatkan terhadap masyarakat. Juga nantinya akan menjadi rutinitas Pemkab Banyuasin bersama jajaran dalam membahagiakan masyarakat..

Selain itu tujuan pokok adalah mencipatkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin,” tehasnya.

Sementara, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri H. Teguh mengapresiasi terhadap pelayanan bersama Dukcapil Kabupaten Banyuasin. Dan ini juga dikolaborasi dengan pelayanan baik dari perizinan dan kesehatan.

Bahwa ada 20 lebih layanan kependudukan, tentu saja pelayanan harus diteruskan dengan inovasi-inovasi. Setiap pelayanan Dukcapil nantinya langsung melakukan aktivasi kependudukan digital agar bisa dimaksimalkan.

“Diharapkan untuk Pemerintah Daerah/Kota untuk melakukan pelayanan jemput bola, pelayanan keliling ketempat-tempat publik untuk proses pelayanan dokumen kependudukan. Ini menjadi cikal bakal untuk perwujudan terhadap pelayanan publik, mudah-mudahan Kabupaten Banyuasin akan makin maju dan sejahtera terus maksimalkan pelayanan publik sebaik-baikny,” tutup Dirjen Dukcapil RI.

Turut hadir Sekda Banyuasin, Asisten Setda, Pejabat Eselon ll Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin Darul Qutni, SE, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Dukcapil Banyuasin, Kapolres Banyuasin, Ketua Pengadilan Agama Banyuasin, Dandim 0430 diwakili, Ketua Baznas, Kemenag diwakili, Camat Talang Kelapa, Camat Tanjung Lago, Camat Banyuasin ll. (*)