oleh

Anwar Rasuan Terima Kartu Pers Nomor Satu

Satu-satunya Wartawan Senior dari Sumsel

KENDARI, SuaraSumselNews | BERKARIR di dunia jurnalistik, membutuhkan dedikasi dan pengorbanan kepada dunia pers itu sendiri.

Makanya dari dedikasi, prestasi dan pengorbanan kepada dunia pers itu, menghasilkan rewards tersendiri bagi masing-masing jurnalis dalam bentuk Pemberian Kartu Pers Utama atau Kartu Pers Number One (PCNO).

Wartawan senior dan anggota PWI Sumsel yang juga sebagai Wakil Ketua PWI Sumsel, ANWAR SY RASUAN satu-satunya wartawan senior disini yang mendapatkan PCNO tahun 2022.

Juga pemberian PCNO yang mulai dilakukan sejak 2010 hingga saat ini, merupakan bentuk penghargaan dari Komunitas Pers kepada orang-orang pers yang telah menunjukkan kinerja profesional, berdedikasi, prestasi, pengorbanan kepada dunia pers, kebebasan pers, dalam tahun-tahun pengabdian mereka.

Komunitas pers tersebut tergabung dalam Panitia Pusat Hari Pers Nasional 2022 yang tahun ini diketuai Pengurus PWI Pusat, Ismet Rauf.

BACA JUGA:  Wagub: UU HPP Tonggak Sejarah Baru di Perpajakan

Pemberian PCNO ini menyimbolkan upaya masyarakat pers untuk memperlihatkan orang-orang yang patut menjadi teladan di bidang pers.

Dengan prestasi yang telah dicapai hingga kelak dapat menjadi inspirasi bagi pekerja pers khususnya bagi kaum muda untuk meniru dan meneruskan jejak mereka.

Pemberian ini juga sekaligus menunjukkan bahwa di tengah sorotan tajam atas kinerja pers yang kerap dianggap kebablasan, ada orang-orang yang teguh dengan sikap profesional dalam menekuni kerjanya dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika profesinya.

Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi mengatakan, panitia mengirimkan permohonan pengajuan kepada 34 PWI daerah untuk mengusulkan masing-masing 3-5 calon penerima PCNO itu.

“Dari nama-nama yang diusulkan itu, kami menyeleksi yang sesuai 6 kriteria penerima kartu PCNO itu. Diantaranya sudah menghasilkan karya jurnalistik yang diakui di tingkat nasional, lebih lagi di internasional, kemudian menghasilkan karya jurnalistik secara konsisten minimal 25 tahun (tajuk, tulisan, berita, foto). Atau juga secara konsisten berkontribusi memajukan SDM pers Indonesia melalui keterlibatan pribadi, lembaga, dalam pelatihan. Itu 3 diantaranya,” jelas Mirza Zulhadi yang juga penerima kartu PCNO 2019 dengan medianya Ayobandung.com di Kendari, Rabu pagi (9/2).

BACA JUGA:  Mantan Pejabat OKI Masih Enggan Kembalikan Mobil

Menurut Mirza yang supel ini, tahun ini kebetulan hanya 12 provinsi yang mengusulkan wartawannya untuk menerima PCNO.

“Tahun ini ada 30 orang yang menerima PCNO. Itu sudah melalui seleksi yang ketat dan ke-30 orang penerima ini bisa kami pertanggungjawabkan karena memang mereka-lah yang pantas. Seperti dari satu PWI ada yang mengajukan dua orang dari media yang sama. Nah, itu juga harus kami pilih salah satu yang terbaik. Jadi fair semuanya,” lanjut Mirza yang merupakan eks wartawan Pikiran Rakyat ini.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari juga ikut mengucapkan selamat kepada ke-30 penerima PCNO di HPN 2022 ini.

PCNO diserahkan secara simbolis kepada perwakilan dari 30 orang penerima PCNO di acara Puncak Peringatan HPN 2022 di Kendari, Rabu (9/2). Dan lainnya juga langsung kepada mereka yang terpilih, baik yang ada di Jakarta atau di daerah yang bersangkutan.

BACA JUGA:  Ratusan TKA Dipulangkan

Bahwa penerima Press Card Number One (Kartu Pers Nomor Satu) 2022, ditetapkan di Jakarta, 20 Januari 2022.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.