Antisipasi Hujan Lebat, BPBD OKU Minta 5 Daerah Waspada

BATURAJA, SuaraSumselNews | BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), memberikan peringatan warga lina kecamatan waspada banjir. Peringatan ini dikeluarkan menyusul BMKG yang menyebutkan, Sumsel termasuk 23 provinsi berpotensi dilanda hujan sepekan ke depan atau hingga 3 September.

Manager Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi mengatakan, berdasarkan peringatan dini dari BMKG potensi hujan terjadi di 23 provinsi di Indonesia, salah satunya Sumatera Selatan (Sumsel), termasuk Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Potensi hujan lebat dan berlangsung dalam waktu lama membuat Kabupaten OKU berada pada level waspada bencana banjir.

Khususnya lima kecamatan meliputi Baturaja Barat, Baturaja Timur, Sosoh Buay Rayap, Lubuk Batang dan Lubuk Raja. Dan warga diminta meningkatkan kewaspadaan agar bencana alam tidak menimbulkan korban jiwa.

“Apalagi lima kecamatan ini dipetakan sebagai daerah rawan bencana banjir di Kabupaten OKU,” ujarnya, Senin (29/8).

Kata dia, pihaknya telah melayangkan surat ke pemerintah kecamatan agar turut mengingatkan warganya untuk selalu waspada menghadapi puncak musim hujan yang diprediksi terjadi selama sepekan ke depan.

Sebagai upaya antisipasi, kata dia, pihaknya telah mendirikan posko penanggulangan bencana dan menyiagakan personel agar banjir dapat ditanggulangi sedini mungkin.

Termasuk juga peralatan penanggulangan bencana alam mulai dari perahu karet telah disiapkan untuk mengevakuasi korban jika terjadi bencana banjir. “Kami juga menyiagakan personel di titik rawan bencana untuk memantau perkembangan potensi banjir selama 24 jam,” urainya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *