Umumkan Hasil Verifikasi KPU RI, KPU Sumsel Melakukan Verifikasi Faktual

PALEMBANG, SuaraSumselNews | KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI hari ini mengumumkan hasil verifikasi administrasi parpol untuk calon peserta pemilu tahun 2024, Jumat 14/10).

Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Amrah Muslimin, SE., M.Si mengatakan, setelah KPU RI mengumumkan hasil verifikasi administrasi parpol maka yang lulus termin itu contohnya partai yang telah ada di Senayan itu tidak di verifikasi faktual lagi.

Sedangkan untuk parpol yang tidak memiliki kursi dan partai baru, seperti Hanura Perindo Gelora kalau parpol itu lulus permin itu akan di verifikasi faktual,” katanya kepada media ini Jum’at (14/10).

Lanjutnya, setalah parpol itu lulus verifikasi administrasi, maka KPU provinsi kembali membatu KPU RI untuk melaksanakan verifikasi faktual. Berupa mencakup fasilitas dan geografis serta anggaran yang minim, akan tetapi tidak membatasi kami untuk melakukan itu karena kami akan mencari alternatif lain.

Menurut Amrah, sistem di KPU sekarang sudah bagus dan profesional yang menunjukkan skill yang dimiliki KPU itu sudah sangat baik. Dulu sistemnya masih menggunakan banyak perangkat dan berkas. Kalau sekarang terpusat serta via online saja jadi sangat mempermudah pelaksanaan dalam verifikasi. Jadi bukan hanya KPU saja yang di permudahkan tetapi partai politik nya juga,” ujarnya.

Ketika ditanya persiapan KPU Provinsi Sumsel untuk melaksanakan verifikasi faktual Amrah mengakui, KPU Provinsi sudah siap untuk melaksanakan verifikasi faktual. Dan lagi kami sudah melakukan rakor dengan KPU Kabupaten/Kota dan sudah memerintahkan KPU daerah untuk membentuk tim,” jelasnya.

Masa verifikasi faktual, kalau KPU Provinsi itu membutuhkan waktu hanya 3 hari saja. Dan dimulai 15 16 17 yang akan meliputi mengecek Ketua, Sekretaris, Bendahara. Juga pengurus provinsi kemudian mengecek keberadaan kantor dan administrasinya. Seperti struktur dan status kantor parpol.

“Sedangkan KPU kabupaten 3 hari juga akan tetapi di tambah dengan waktu 18 hari mulai dari tanggal 15 Oktober sampai dengan 4 November. Penambahan hari itu di sebabkan karena ada tambahan tugas untuk verifikasi anggota parpol,” bebernya

Amrah berpesan untuk Parpol, agar berkoordinasi dengan baik antara pengurus parpol Lo parpol dengan KPU kabupaten dan Bawaslu kabupaten. Karena memang dalam proses verifikasi faktual keanggotaan terutama ada ruang yang PKPU mengatur memudahkan teman – teman partai semuanya melaksanakan tugasnya sesuai dengan porsinya sehingga harapan kita tercapai dengan maksimal,” pungkasnya. (*)
laporan :;winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.