Trim’s Pak Alex dan Ishak Mekki

DPRD Sumsel Sidang Paripurna Istimewa XXV

PALEMBANG,SuaraSumselNews – PELLAKSANA Tugas (Plt) Ketua Dewan DPRD Sumsel, Yansuri memimpin Sidang Paripurna Istimewa XXV dengan agenda pengumuman pengunduran diri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. Pelaksanaanya di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel, Rabu kemarin (19/9).

Kata Yansuri, pada 17 September 2018 DPRD Sumsel telah mengadakan rapat pimpinan fraksi-fraksi. Tujuannya,  dalam rangka melakukan perubahan dan penambahan jadwal Ketua dan Anggota DPRD Sumsel.

“Hasil Rapat tadi, menambahkan acara Sidang Paripurna Istimewa XXV dengan agenda pengumuman pengunduran diri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel,” jelasnya.

Dikatakan, pedoman UU 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 78 huruf b menegaskan bahwa kepala daerah dan atau wakil kepala daerah berhenti karena mengundurkan diri. Serta UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum seperti tercantum dalam 240 ayat 1 huruf k menegaskan calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota adalah warga negara harus memenuhi persyaratan mengundurkan diri dari kepala daerah/wakil kepala daerah.

“Juga peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018, tentang pencalonan kepala daerah Pasal 7 ayat 1 angka 1 menyatakan bakal calon anggota legislatif harus memenuhi persyaratan mengundurkan diri sebagai gubernur, wakil gubernur, bupati, walikota, wakil bupati dan wakil walikota,” urainya.

Disampaikannya, kelengkapan administrasi surat pengunduran diri sebagai gubernur dan wakil Gubernur untuk pencalonan anggota DPR RI sudah disampaikan kepada presiden melalui  Menteri Dalam Negeri. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.130/P tahun 2018, mengesahkan pemberhentian dengan hormat Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel. Dan Ishak Mekki sebagai Wakil Gubernur Sumsel.

“Kami Ucapkan terimakasih pada Alex Noerdin dan Ishak Mekki yang mengabdi sebagai gubernur dan wakil gubernur. Kami juga memohon  maaf bila ada kesalahan dan ucapan yang salah,” ucapnya.

Sementara Ishak Mekki usai Sidang Paripurna Istimewa XXV berpesan pada gubernur terpilih agar melanjutkan pembangunan Sumsel agar lebih baik, lebih maju  dan lebih berhasil.

“Periode kami bersama Alex Noerdin mungkin berhasil dan mungkin juga mempunyai kekurangan dan belum tuntas.Oleh karenanya, gubernur baru untuk melanjutkannya pembangunan Sumsel jangan sampai stagnan,” pesannya. (*)

laporan : winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *