oleh

Sambut HUT RI ke 77, Pedagang Telok Abang dan Bendera Mulai Beraksi

PALEMBANG, SuaraSumselNews | MENDEKATI peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 tahun 2022, pedagang pernak-pernik kemerdekaan mulai memerahkan sejumlah ruas jalan Kota Palembang. Misalnya, Jalan Merdeka, Pasar Kuto Palembang yang meriah dengan warna – warni pedagang telok abang dan bendera.

Dari pantauan media ini sejak awal Agustus, ruas jalan yang berada di sekitar Kantor Wali Kota Palembang dan Pasar Kuto tersebut dipadati penjual mainan kapal dan telok abang yang merupakan tradisi khas Kota Palembang dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan.

Harun (35) penjual mainan kapal dan telok abang mengakui bahwa dirinya sudah sejak minggu lalu berjualan di kawasan tersebut.

“Kalau saya sudah seminggu jualan di sini, tapi kalau teman-teman yang lain baru berapa hari ini dan sekarang malah sudah ramai sekali yang jual,” ujar Harun, Kamis (11/8).

BACA JUGA:  Kembangkan Tenis Meja Berbagai Tingkatan Sekolah di Sumsel

Dijelaskannya, jika dirinya menjual beragam miniatur bentuk kapal dan pesawat, mulai dengan ukuran sedang hingga ukuran besar. Sedangkan untuk telok abang dijual dengan harga Rp 5.000.

“Kalau kapal dan pesawat harganya berkisar dari Rp30-45.000 per unit, kalau mau tambah telok abang iya tinggal ditambah Rp 5.000,” katanya.

Diakui Harun, bahwa dirinya sudah enam tahun berjualan miniatur kapal-kapalan tersebut. Dia juga memprediksi jika puncak masyarakat berbelanja kapal-kapalan dan telok abang sebagian besar di atas tanggal 10 Agustus. “Apalagi kalau hari H-nya nanti, di situ yang banyak sekali belinya,” katanya.

Sementara Bu Ana (41) pedagang serupa yang berlokasi di Pasar Kuto Palembang mengatakan, jika dirinya berjualan kapal dan telok abang hanya pada saat menjelang Agustusan.

BACA JUGA:  Latgabma Super Garuda Shield 200 di Sumsel, Berjalan Sukses

“Kalau Agustusan kita jualnya yang begini, lumayan hasilnya untuk tambahan. Tapi kalo hari biasa jualan manisan di rumah,” katanya.

Telok abang merupakan miniatur kapal, pesawat tempur, kapal selam dan sebagainya. Telok abang dibuat dari busa atau styrofoam yang dicat dengan warna merah dan putih yang dominan. Kemudian, miniatur ini juga dilengkapi telok atau telur rebus yang diberi warna merah. Dan miniatur atau mainan ini disebut dengan telok abang yang berarti telur merah.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.