Puja Kesuma Benteng Adat Istiadat dan Kebudayaan di Sumsel

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Pelantikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel masa bhakti tahun 2022-2027 dilaksanakan di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis, (1/6/2023).

H Devi Suhartoni yang juga menjabat Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP Pujakesuma, Eko Supianto sebagai Ketua Harian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) bertepatan di Hari Ulang tahunnya yang ke-54.

Sebagai Ketua Harian DPW Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma Provinsi Sumsel Devi Suhartoni mengatakan, akan melaksanakan program yang akan diterapkan di DPW yakni, pengembangan koperasi, UMKM, belajar bahasa Jawa halus-kasar, budaya, menguasai bahasa Inggris dengan cepat serta program lain.

Menurutnya, dengan adanya Puja Kesuma ini diharapkan generasi muda tak lupa sejarah. “Saya berharap kedepan untuk menciptakan generasi yang tak lupa sejarah, sebagai alat pemersatu tali silaturahmi ke sesama suku Jawa dan untuk meneguhkan eksistensi suku Jawa di Sumatera Selatan hingga muncul intelektual dan birokrat yang menduduki posisi di pemerintahan,” ungkapnya.

“Semoga ini bisa menjadi sarana untuk menyatukan atau bahasa jawanya  Ngumpulne balung pisah sebagai elemen dasar yang membangun kepercayaan sebagai inti model sosial bangsa indonesia terkhusus Sumsel,” ujarnya.

Sementara Gubernur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutan Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Wilayah Paguyuban Keluarga Besar Puja Kesuma Sumatera Selatan Masa Bakti 2022-2027 mengatakan Paguyuban Puja Kesuma adalah perkumpulan warga keturunan Jawa yang lahir dan tinggal di Sumatera.

Gubernur Sumsel sekaligus sebagai Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Puja Kesuma menambahkan, ini sebagai simbol untuk kita memperkuat silaturahmi dan etos kerja. Dalam prosesnya orang jawa hidup membaur dan mau membagi ilmunya.

“Saya sebagai pimpinan daerah ini sekaligus MPO Puja Kesuma mengucapkan terima kasih atas kerja sama warga keturunan Jawa di Sumsel. Saya minta tetap pertahankan adat budaya ditengah tantangan modernisasi,” ungkapnya.

Orang Nomor 1 di Sumsel ini berharap, kepengurusan Puja Kesuma dapat amanah, arif, bijaksana dan bermanfaat dan menjadi kekuatan ekonomi dengan semangat kegotongroyongan yang mendukung UMKM di daerah.

“Saya berharap kedepan Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma menjadi benteng bagi pertahanan adat istiadat dan kebudayaan di Sumsel yang berasal dari Pulau Jawa,” pungkasnya.

Salah satu pengurus Bidang Tim Hukum, Anggota 1 di Puja Kesuma Suwito Winoto, SH di sela acara mengatakan, intinya Puja Kesuma adalah untuk mepersatukan putra Jawa yang ada di Sumatera Selatan.

“Pujakesuma ini untuk merangkul semua akses anak-anak muda yang milenial untuk terus berkreativitas dan bisa mensejahterakan untuk anak bangsa dan muda mudi di Sumatera Selatan khusunya,” jelas Suwito Winoto yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Federasi Advokat Republik Indonesia (FERARI) Provinsi Sumatera Selatan ini singkat.

SUSUNAN PENGURUS DEWAN PENGURUS WILAYAH (DPW)
PAGUYUBAN KELUARGA BESAR PUJAKESUMA

MAJELIS PERTIMBANGAN ORGANISASI (MPO) :
1. Gubernur Sumsel
2. Kapolda Sumsel
3. Pangdam II Sriwijaya
4. Ketua DPRD Sumsel
5. Kajati Sumsel

KETUA : H Herman Deru dan Slamet Sumosentono
WAKIL KETUA : Mohammad Tohir
SEKRETARIS : Weny Ramdiastuti
WAKIL SEKRETARIS : HM Giri Ramanda N Kiemas

KETUA HARIAN : H Devi Suhartoni
WAKIL KETUA : Sukardi
SEKRETARIS : Sujoko Bagus
BENDAHARA : Andika