Pemuda Pemersatu Bangsa

Korem Laksanakan Upacara Sumpah Pemuda

PALEMBANG, SuaraSumselNews | BERTEMPAT di lapangan Makorem 044/Gapo dilaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018. Dan dipimpin, Kepala Seksi Perencanaan dan Operasi (Pasirenops) Korem 044/Gapo, Letkol Inf Iman Firmansyah, Senin kemarin (29/10).

Juga dihadiri semua prajurit dan PNS Makorem 044/Gapo beserta personel Balakrem yang ada di wilayah Palembang. Dalam upacara tersebut, Kasirenops Korem 044/Gapo membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga pada peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018.

Dalam sambutan Menpora RI menyampaikan bahwa kita semua berhutang budi pada para tokoh pemuda tahun 1928 yang deklarasikan Sumpah Pemuda yang menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia. Sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri.

Lebih lanjut, dalam peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil tema “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia”, Menpora juga mengingtkan pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa  kepada Tuhan YME. Selain itu,  sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam rangka NKRI.

Selain itu, Menpora RI juga mengingatkan kepada Pemuda Indonesia untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019. Dimana pada pemilu tersebut bangsa Indonesia akan menentukan pemimpin nasional dan daerah. Yakni pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD I dan DPRD II dengan mewujudkan Pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

‘’Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu,berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” tegas Menpora dalam sambutannya.

Upacara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB dengan Komandan Upacara Kapten CPM Sri Murcaya ini, berjalan dengan khidmat. Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 ini selain dilaksanakan di Makorem 044/Gapo, juga dilaksanakan di seluruh satuan jajaran Kodim-Kodim dan Batalyon. (*)

laporan : winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *