Pemilu 2024 Damai dan Butuh Komitmen Bersama

PALEMBANG, SuaraSumselNews | FOKUS Group Discussion (FGD) terkait kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan tema “Kita Wujudkan Pemilu 2024 yang Aman, Damai dan Kondusif di Wilayah Sumsel” yang di gelar di Hotel Swarna Dwipa, Rabu (30/8) pagi.

Direktur Dit Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna,SIK,MH diwakili Wakil Direktur Dit Intelkam Polda Sumsel, AKBP Dwi Mulyanto,SIK,M.Si mengatakan, penyelenggaraan Pemilu 2024 nanti di harapkan berlangsung damai dan kondusif semua butuh komitmen bersama segenap elemen masyarakat. Marilah kita bersama-sama membangun sinergitas dalam mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif di Sumsel.

Sesuai dengan tema FGD dengan peserta parpol peserta Pemilu 2024 dan lembaga pemantau Pemilu ini. Tugas pokok Polri adalah memelihara Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas),” katanya.

AKBP Dwi mengucapkan terimakasih kepada para narasumber dan tamu undangan yang bersedia hadir dalam kegiatan FGD dalam upaya membangun sinergitas menuju pemilu yang aman dan damai tahun 2024.

Menurut AKBP Dwi, saat ini telah memasuki tahapan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD dan selanjutnya akan ditetapkan Daftar Calon Tetap (DCT). “Hingga kini situasi politik masih tergolong aman dan kondusif, kami berharap kepada para ketua parpol untuk dapat berkoordinasi apabila terdapat permasalahan maupun rencana kegiatan yang akan dilakukan sehingga dapat dilakukan pengamanan guna terciptanya situasi harkamtibmas yang aman,” ucapnya.

Sementara itu anggota Bawaslu Sumsel, Ahmad Naafi,SH,M.Kn mengungkapkan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) nya Bawaslu melaksanakan pengawasan selama penyelenggaraan tahapan Pemilu.

Adapun yang diutamakan dalam tahap awal sebelum pelaksanaan kampanye yang akan dimulai pada 28 November mendatang adalah upaya pencegahan,” ungkapnya.

Turut hadir sebagai pembicara di FGD kali ini diantaranya Komisioner KPU Sumsel Bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Sumsel, Hasyim,SE,M.Si, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Dr HM Alfajri Zabidi,S.Pd,MM,M.PdI. (*)