oleh

Pemilih PSU Pilkada PALI Capai di Atas 90 Persen

PALEMBANG, SuataSumselNews | PARTISIIPASI pemilih pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penukal Abang Lematang Ilir (PALI), Rabu (21/4), sangat tinggi. Pelaksanaannya berlangsung kondusif.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, tingkat partisipasi pemilih di empat tempat pemungutan suara (TPS) yang menggelar PSU di atas 90 persen.

“Tingkat partisipasi masyarakat di seluruh TPS PSU di atas 90 persen, sangat tinggi,” ungkap Eko saat memantau PSU Pilkada Pali, Rabu (21/4),.

Berdasarkan pengamatannya, PSU PALI berlangsung kondusif, aman, terkendali, dan mematuhi protokol kesehatan. Pada salah satu TPS didapati 2 pemilih dengan suhu badan agak tinggi sehingga harus mencoblos di bilik khusus. “Saya lihat protokol kesehatan dijaga dengan baik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemkot Palembang Segera Revitalisasi 20 Titik Taman

PSU Pilkada PALI dijaga ketat 500 personel kepolisian dari Polda Sumsel ditambah bantuan TNI. Sejumlah anggota juga disiagakan di titik perbatasan wilayah PALI, seperti perbatasan dengan Prabumulih dan Musi Banyuasin.

“Personel masih diturunkan untuk mencegah dan mengantisipasi segala potensi gangguan keamanan,” kata dia.

Eko meminta masing-masing paslon mengajak pendukungnya untuk menjaga situasi tetap kondusif dan tidak terpancing apalagi melakukan provokasi. Siapa pun yang terpilih harus diterima dan didukung untuk pembangunan daerah.

“Kalah atau menang keduanya harus sama-sama membangun PALI, membangun daerah,” pungkasnya.

PSU di empat TPS di PALI sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Keempat TPS itu yakni TPS 006 Kelurahan Tempirai Kecamatan Penukal Utara, TPS 008 Kelurahan Babat Kecamatan Penukal, dan TPS 009 serta TPS 010 di Kelurahan Air Hitam Kecamatan Penukal.

BACA JUGA:  PTM Hari Pertama, Dibuka 90 SD, 3 PAUD dan 61 SMP

Total terdapat 1.549 pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada empat TPS itu. Pada pilkada 9 Desember 2020 lalu, 1.216 pemilih berpartisipasi memberikan suaranya.
Pilkada PALI diikuti Bupati petahana Heri Amalindo berpasangan dengan Soemarjono (HERO) dan Wakil Bupati petahana Devi Harianto berpasangan dengan Darmadi Suhaimi (DHDS). HERO memperoleh 50,3 persen suara, sedangkan DHDS meraih 40,7 persen pada Pilkada 9 Desember 2020. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.