Pagelaran Seni Budaya dan Pameran Potensi Wisata OI

Dilaksanakan di TMII Jakarta,
Minggu (30/10)

JAKARTA, SuaraSumselNews | BUPATI Ogan Ilir (OI), Panca Wijaya Akbar, SH membuka Pagelaran Seni Budaya dan Pameran Potensi Wisata Bumi Caram Seguguk Kabupaten OI yang digelar di Anjungan Sumsel Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (30/10).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Ogan Ilir, Sayadi, S.Sos melalui Kabid Kebudayaan, Rita mengatakan, kegiatan tersebut diisi oleh Dewan Kesenian Ogan Ilir (DKOI) serta Bidang UKM Disperindagkop OI.
” Untuk teknis pagelaran seni budaya dilakukan oleh Dewan Kesenian, sedangkan pameran potensi wisata oleh bidang UKM Disperindagkop. Namun dibawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) sebagai penanggungjawab,” ujar Rita.

Tim Kesenian di bawah komando Ketua Dewan Kesenian Ogan Ilir (DKOI), Drs Khairul Kaswan, sudah di Jakarta dengan menumpang tiga bus. Turut dalam rombongan juga pegawai Dinas Dikbud OI, pengurus PKK OI, dan sejumlah wartawan.

Menurut Khairul Kaswan, untuk seni budaya Ogan IlirI yang dipagelarkan berupa tarian, lagu-lagu daerah termasuk gitar tunggal Batang Hari Sembilan, atraksi seni pencak silat, sarofal anam, serta drama legenda Putri Pinang Masak. Sedangkan pameran potensi wisata Ogan Ilir terkait dengan potensi wisata kerajinan dan kuliner.

Baik Rita maupun Kaswan acara tersebut berjalan lancar, berkesan, dan sukses dalam rangka memperkenalkan dan mengangkat keberagaman seni budaya dan potensi wisata Ogan Ilir. Sehingga daerah ini akan semakin dikenal serta menarik minat investor berinvestasi di bidang tersebut.

Acara ini juga dihadiri para pejabat Ogan Ilir yang menuju Jakarta secara bergelombang sejak Jumat 28 Oktober 2022 dan Sabtu 29 Oktober 2022, baik naik darat maupun udara.

Kemudian acara tersebut juga akan dihadiri oleh masyarakat Ogan Ilir yang berdemosili di Jabodetabek. Adapun seni budaya yang ditampilkan pada pagelaran seni budaya ini, tari sambut Mapak Raje, tari NgandonTari Keris.Gitar Tunggal Batang Hari Sembilan.

Kemudian, lagu-lagu Daerah Ogan Ilir. Atraksi Tari Cabang Duo. Atraksi Pencak Silat Buka Sambut Betanggam.Drama Legenda Putri Pinang Masak.dan seni arofal Anam.

Untuk tampil di acara pagelaran seni budaya tersebut, tim kesenian sudah beberapa kali melaksanakan latihan sebelum berangkat ke Jakarta.

Selain insan seni, juga akan tampil Sekda OI H Muhsin Abdullah yang akan membawakan lagu ” Ogan Ilir Cindo.”
Tim Kesenian yang siap ditampilkan sebanyak 65 orang, ujar Kaswan. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *