Oksigen untuk Sumsel Cukup

PALEMBANG, SuaraSumselNews | DALAM upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan yang mengirim 85 ton oksigen ke Jawa Barat untuk membantu penanganan pasien Covid-19 yang dilakukan beberapa waktu lalu, berbagai kritik pun bermunculan.

Bagaimana tidak, di saat Pemprov Sumsel bersemangat mengirimkan berton-ton oksigen keluar daerah, kondisi oksigen di Sumsel justru mengkhawatirkan.

Hal ini dikarenakan ketersediaan tabung oksigen di Sumsel yang terbatas menyebabkan terkendalanya ketersediaan oksigen di fasilitas kesehatan dan toko alat kesehatan.

Menanggapi hal ini, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengungkapkan bahwa stok oksigen di Sumsel saat ini tidak mengalami kekurangan atau terbilang sangat mencukupi.

Namun, dikarenakan minimnya jumlah Iso Tank yang dimiliki Sumsel membuat stok oksigen di Sumsel sulit tersalurkan ke rumah sakit.

Iso Tank sendiri merupakan alat penampung oksigen milik pabrik oksigen yang dapat menampung 10 hingga 20 ton oksigen untuk dikirimkan ke daerah tertentu menggunakan trailer.

“Produsen oksigen di Sumsel termasuk banyak seperti yang diproduksi oleh PT OKI Pulp dan Pusri. Namun persoalannya kita tidak pernah tahu berapa banyak kebutuhan oksigen yang dibutuhkan,” ungkapnya, ketika menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sumsel ke-33, Senin krnarin (26/7).

Gubernur melanjutkan, adapun alasan Pemprov Sumsel mengirimkan bantuan oksigen ke Jawa Barat dikarenakan kelengkapan alat yang dimiliki Pemprov Jawa Barat terbilang memadai salah satunya ketersediaan Iso Tank.

“Kenapa Jabar kita bantu, karena mereka memiliki Iso Tank yang memadai. Sehingga proses pengemasan dan pengiriman oksigen dapat dilakukan. Sedangkan pada waktu yang bersamaan di Sumsel tidak demikian,” tegas Hermsn Deru.

Kata Deru, melalui upaya yang dilakukan pihaknya saat ini Sumsel telah memiliki dua Iso Tank yang berkapasitas 10 dan 20 ton yang diharapkan dapat membantu distribusi stok oksigen ke rumah sakit di Sumsel.

“Alhamdulillah saat ini Sumsel sudah memiliki Iso Tank berkapasitas 10 dan 20 ton dan rencananya Iso Tank ini akan kita sebar secara bergantian ke seluruh rumah sakit di daerah sumsel yang membutuhkan ketersediaan oksigen,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *