KPU Dapat Tingkatkan Data Pemilih, Mengawal Proses Pemilu

Pj Bupati Banyuasin Gelar Rapat Konsolidasi dengan KPU

 

BANYUASIN, SuaraSumselNews | PENJABAT Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH menggelar rapat konsolidasi dengan Komisioner KPU Periode 2024-2029 Kabupaten Banyuasin di Hotel Daira, Sabtu (13/1). Rapat ini bertujuan untuk memantapkan kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam rapat tersebut, Hani S. Rustam menyampaikan apresiasi dan harapan kepada komisioner KPU yang baru dilantik 7 Januari 2024 lalu. Ia berharap KPU dapat meningkatkan data pemilih dan mengawal proses pemilu dengan baik.

“Kita berharap tahun ini untuk meningkatkan data pemilih, Pemerintah Kabupaten telah berkomitmen dengan mensosialisasikan kepada masyarakat Banyuasin melalui sosial media untuk menggunakan hak pilih dan memotivasi untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), Rabu, 14 Februari 2024,” ujar Hani S. Rustam.

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah daerah telah memberikan bantuan dan dukungan untuk kelancaran penyelenggaraan pemilu, termasuk menyediakan gudang logistik untuk surat suara. Ia meminta KPU untuk bekerja dengan profesional dan menjaga keamanan pemilu.

“Upayakan untuk mengecek kembali terkait alokasi dana pemilu 2024 dan paling penting keamanan Pemilu harus diutamakan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Banyuasin, Aang Midharta, ST mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah. Ia mengatakan bahwa KPU masih membutuhkan bantuan untuk gudang logistik surat suara, karena saat ini sedang dalam proses pelipatan.

“Kami mengharapkan Pemkab Banyuasin dapat memfasilitasi gudang logistik surat suara, karena ini sangat penting untuk menjaga kualitas dan keamanan surat suara,” kata Aang Midharta.

Ia juga mengapresiasi partisipasi aktif Pemkab Banyuasin dalam melakukan sosialisasi pemilu melalui media sosial. Ia berharap hal ini dapat meningkatkan kesadaran dan antusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Terima kasih Pemkab Banyuasin telah berpartisipasi aktif mendukung KPU dengan telah melakukan sosialisasi di sosmed. Kami berharap masyarakat Banyuasin dapat datang ke TPS dan memilih sesuai hati nurani,” ujarnya.
Divisi Hukum & Pengawasan KPU, Legar Saputra menyatakan bahwa KPU Banyuasin menargetkan zero konflik pada pemilihan. Ia mengatakan bahwa KPU telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Bawaslu, Polri, TNI, dan stakeholder lainnya untuk mengantisipasi dan menyelesaikan setiap potensi konflik yang muncul.

“Kami menargetkan zero konflik pada pemilihan. Kami telah berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengantisipasi dan menyelesaikan setiap potensi konflik yang muncul. Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat merusak persatuan dan kesatuan,” tutur Legar Saputra.

Turut hadir dalam rapat konsolidasi tersebut, Sekda Ir. Erwin Ibrahim, ST, MM, MBA, IPU, ASEAN Eng, Asisten I Setda Kabupaten Banyuasin, Ir. Izromaita, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banyuasin, Dr. Salni Pajar, S. Ag., M. Hi, Kepala Badan Kesbangpol Banyuasin, Adam Ibrahim, SE, M. Si dan Komisioner KPU 2024-2029. (*)