Konsultasi Publik Bappeda-Litbang

Tentang Rancangan Awal RPJMD Banyuasin

PANGKALAN BALAI, SuaraSumselNews | PEMKAB Banyuasin melalui Bappeda dan Litbang selenggarakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Banyuasin Tahun 2018-2023. Kegiatan yang dilaksanakan, Senin kemarin (15/10), di Auditorium Pemkab Banyuasin.

Kepala Bappeda Sumatera Selatan yang diwakili Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Regina Afriyanti, ST menyampaikan forum konsultasi publik ini merupakan bagian dari tahapan penyusunan RPJMD Kabupaten Banyuasin 2018-2023.

“Penyusunan ini wajib dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih. Karena visi dan misi saat kampanye harus menjadi dokumen induk perencanaan. Berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, penyusunan RPJMD dimulai saat Bupati terpilih,’’ jelasnya.

Diharapkan, seluruh komponen masyarakat bisa mengetahui dan berperan dalam penyusunan RPJMD. Karena RPJMD, harus menggambarkan keinginan rakyat yang dirumuskan dalam sebuah perencanaan pembangunan. Dan nantinya juga bermanfaat untuk menyejahterakan masyarakat.

“Rancangan awal RPJMD juga perlu dikonsultasikan kepada publik. Semua masyarakat harus terwakili. Baik politisi, lembaga organisasi masyarakat, lembaga usaha swasta, kelompok anak, kelompok perempuan dan kelompok difabel,” tambahnya.

Bahwa untuk menjadi pertimbangan, kami kedepan dan ini nantinya bisa perbandingan bagaimana senergi provinsi dan kabupaten Banyuasin. Dimana pertumbuhan ekonomi Banyuasin cukup baik dan lebih tinggi dari tingkat nasional.

Mengenai IPM, kita masih di bawah dan sekarang diminta untuk peningkatan IPM ( Indeks Pembangunan Manusia), APK (Angka Partisipasi Kasar) dan APM (Angka Partisipasi Murni). Ya tinggal bagaimana kita menurunkan tingkat kemiskinan di Kabupaten Banyuasin.

“Ini merupakan PR bagi kita semua dan kita akan membangun pusat-pusat kesehatan di masing-masing daerah guna mendorong kepentingan publik. Juga melibatkan LSM dalam pembangunan serta menjadikan pers dan media masa,” harapnya.

Forum konsultasi kali ini dihadiri Wakil Bupati Banyuasin H Slamet, SH, Wakil Ketua DPRD Heriyadi M Yusuf, Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili Kepala bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah, Regina Afriyanti , ST. Juga tampak Kajari Banyuasin LA Kamis, Bappeda dan Litbang Banyuasin Ir Zulkifli Idrus, M.Tp, Staff Khusus, Staff Ahli Bupati, Inspektorat, OPD, KNPI, tokoh masyarakat, Ketua KONI Banyuasin, FKUB, media dan ormas.

Senada dengan Bappeda Provinsi, Wakil Bupati Banyuasin H.Slamet, SH mengatakan rancangan awal RPJMD Kabupaten Banyuasin tahun 2019 – 2023 yang disusun telah memuat visi dan misi. Tujuan dan prioritas Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilanjutkan ke tahap penyusunan RPJMD sebagai bahan pada Musrenbang RPJMD.

“Keberhasilan pembangunan Kabupaten Banyuasin merupakan keberhasilan dan peran pemerintah pusat dengan dukungan masyarakat disini,” tegasnya.

Bahwa partisipasi kita bersama sangat penting dalam mewujudkan perencanaan yang efektif dan strategis. Sehingga mampu antisipasi perubahan dan dinamika dalam masyarakat. “Demi terwujudnya Kabupaten Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera”, harapnya.

Berikut adalah program prioritas Kabupaten Banyuasin tahun 2018 – 2023 diantaranya, (1) Program infrastruktur Bagus. (2)  Banyuasin Prima. (3) Banyuasin Cerdas. (4) Banyuasin Sehat. (5) Program Petani Bangkit. (6). Sistem pemerintahan terbuka dan (7) Banyuasin Religius. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *