Insentif Ketua RT 600 Ribu

Pemkot Palembang Segera Wujudkan

PALEMBANG, SuaraSumselNews- PEMERINTAH Kota (Pemkot) Palembang, rencananya akan meningkatkan kesejahteraan para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Maksudnya dengan menambah insentifnya menjadi Rp 600 ribu.

Penegasan ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mastofa saat menggelar Sosialisasi Perda Nomor 3/2017 Tentang Pembentukan RT/RW dan Kependudukan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami, Selasa (27/2). Dimana, sebelumnya insentif  RT/RW hanya sebesar Rp 300 ribu setiap bulannya.

Pasti, pihaknya menilai, angka ini masih sangat kurang untuk kesejahteraan garda terdepan Pemkot Palembang dalam pelayanannya terhadap masyarakat. Tahun depan kita, naikkan dua kali lipat dari sebelumnya. Hal itu, mengingat APBD sudah mencapai Rp 3,4 T. Maka angka ini cukup rasional,” ujar Harobin.

Dijelaskan, totalnya ada sekitar 5.400 Ketua RT/RW di Kota Palembang. Sehingga angka Rp 600 ribu ini adalah nominal yang sesuai dengan anggaran yang ada. Meski, Sekda sendiri memandang angka ini dirasakan masih kurang.

“Anggaran yang ada tidak memungkinkan untuk menjadikan insentif RT/RW jutaan rupiah. Bisa memang, tapi tidak ada lagi pembangunan jalan, bedah rumah, bangunan sekolah dan lain sebagainya. ‘’Sekali lagi saya katakan, anggaran saat ini hanya mampu menjadikan insentifnya Rp 600 ribu dan segera mungkin direalisasikan,” katanya.

Sementara, Lurah Sukajaya Mascik menambahkan, di wilayahnya ada 156 RT/RW yang mendapat arahan terkait pelayanan pembuatan KK, Akte dan e-KTP yang hanya sehari selesai. Khususnya untuk anak-anak yang baru menginjak usia 17 tahun.

“Saat ini masalah yang timbul, sebagian warga ada Kartu Keluarga (KK) atau datanya yang belum masuk ke Disdukcapil, maka harus mengisi datanya dulu baru bisa mencetak e-KTP khususnya yang pindah domisili dari luar Kota Palembang,” paparnya. (*)

laporan : winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 komentar

  1. Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that
    it’s truly informative. I’m going to watch out for brussels.
    I’ll be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing.
    Cheers! I saw similar here: Najlepszy sklep

  2. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist
    with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Thank you!
    You can read similar blog here: Ecommerce