Harnojoyo Berharap MPP Mampu Permudah Warga Dapat Layanan

Tjahjo Resmikan Mall Pelayanan Publik

 

PALEMBANG, SuarasumselNews | MENTERI Pendayagunaan Apataur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Palembang, Jumat (27/11) di Palembang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan Mall Pelayanan Publik ini berada di lahan seluas 2 hektar yang merupakan tanah hibah dari Pemprov Sumsel.

Ia sedikit menceritakan sejarah gedung mall pelayanan publik sebelum menjadi megah dan cantik seperti ini.
“Gedung ini dibangun tahun 2007 dan selesai tahun 2010. Dulu ini dinamakan SPC yakni Sriwijaya Promotion Center karena tempat untuk mempromosikan produk UMKM,” jelas dia.

Namun, di tengah perjalanan karena tidak berjalan efektif dan maksimal karena jauh dari pusat kota. Akhirnya gedung ini sempat menjadi kantor Satpol PP Kota Palembang dan terakhir kantor Dinas Pariwisata.

“Tahun 2017 Kementrian PAN RB mengajak kami ke pusat pelayanan terbaik dunia di tiga negara, salah satunya di Turki,” jelas Harnojoyo.

Ketika itu, ia tidak bisa ikut dan mengutus Ratu Dewa sebagai Kepala BKD Kota Palembang kala itu dan Akhmad Mustain sebagai Kabag Humas Pemkot.

“Setelah pulang saya tanya bagaimana dan jawabnya memang bagus, semua pelayanan berada di satu gedung mewah,” terangnya.

Akhirnya, ia pun meminta agar Palembang dapat mencontoh dan membuat seperti itu. “Pada tahun 2018 akhirnya kita manfaatkan SPC ini, namun sempat ada halangan ketika itu dimanfaatkan sebagai media center Asian Games,” katanya.

Sehingga jadilah mall pelayanan publik yang megah saat ini. “Disini ada 28 unit layanan dinas yang bergabung dan 373 layanan mulai dari perizinan, pembuatan KTP, KK hingga SIM,” bebernya.

Ia mengatakan. mall pelayanan publik ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mendapatkan layanan.

“Kalau bisa satu jam kenapa haru berjam-jam, kalau bisa satu hari kenapa berhari-hari, kalau bisa tanpa datang kenapa harus datang. Itu yang ingin kita terapkan ini,” pungkas Harno.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *