Dimasa Pandemi Program PIDI Hanya 9 bulan

PALEMBANG, SuaraSumselNews.co.id | Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan IV Periode  November 2020, bertujuan menambah keterampilan, dan kemandirian bagi dokter sebagai bekal di lapangan, digelar di Ballroom Hotel Alts Palembang Selasa (10/11/2020) siang.

Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, M Rizal mengatakan, Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan  kelanjutan pendidikan profesi dokter.

“Jadi, setelah mereka dilantik, disumpah dan uji kompetensi  dan dinyatakan lulus. Mereka harus mengikuti Program Internsip, tujuannya adalah untuk menambah keterampilan, dan kemandirian,” katanya.

Ia menjelaskan, sebelum pandemi covid-19, Program Internship Dokter Indonesia dilaksanakan selama 1 tahun, namun dengan adanya pandemi Covid-19, program internsip dokter dilaksanakan selama 9 bulan.

“Sebelum Mereka ditempatkan di rumah sakit dan puskesmas. Di masa pandemi covid-19 ini, mereka akan menangani pasien Covid-19. Dan mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya mematuhi aturan pemerintah yakni harus memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” bebernya.

Menurutnya, sebelum ditempatkan, mereka dibekali terlebih dahulu. Tujuannya adalah setelah dilapangan, mereka bisa membuat surat izin praktek (SIP) yang dikeluarkan di kabupaten/kota tempat mereka praktek. Program internsip ini wajib diikuti oleh dokter yang sudah dilantik.

“Di dalam mengikuti program internsip ini, mereka harus memenuhi indikator yang dicapai dan target. Jika belum tercapai, maka akan ditambah lagi waktunya. Dan jika sudah sudah mencapai target, mereka sebagai Dokter ini dibolehkan membuka praktek,” pungkasnya. (as)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *