Danrem: 53 Persen, Progres Jalan Kampung Serang

PALEMBANG, SuaraSumselNews  | Pembangunan jalan utama Kampung Serang Kecamatan Sematang Borang Palembang, progresnya sudah mencapai limit di angka 53 persen.

Komandan Resort Militer 044 Garuda Dempo (Danrem 044 Gapo) Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr, menyatakan gembira atas perkembangan jalan Kampung Serang tersebut.

“Saya bangga. Sebab progres pembangunan jalan Kampung Serang saat ini, sudah mencapai target 53 persen. Ini pencapaian kerja yang sangat baik,” ujar Naudi Nurdika, saat meninjau program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116, di Kampung Serang, Kecamatan Sematang Borang Palembang, Kamis (25/5/2023).

Jalan utama yang sudah dibangun prajurit TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0418 Palembang itu, kata Danrem, diharapkan bisa mempercepat laju perkembangan ekonomi masyarakat setempat.

Sebab, kata Naudi, jarak tempuh yang dilakukan warga Kampung Serang sebelum jalan utama itu dibangun, bisa dicapai selama 45 menit.

“Sekarang gerak laju warga semakin progresif. Artinya, setelah ada jalan itu, waktu yang tadinya dicapai warga selama 45 menit ke jalan kota, sekarang bisa dicapai hanya 10 menit saja. Ini preatasi yang luar biasa,” ujar Danrem, tersenyum.

Menurut Naudi, jalan utama Kampung Serang ini, telah membuka akses keterkungkungan warga dari perkembangan ekonomi masyarakat Kota Palembang. “Semoga ini menjadi sejarah bagi kebangkitan ekonomi warga Kampung Serang,” ucap Naudi.

Dalam kunjungan Danrem 044 Gapo ke lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa ke-116 tersebut, Naudi disambut hangat dan santun oleh Komandan Distrik Militer (Kodim) 0418 Palembang Lekol CZI Arief Hidayat MHan.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang Ir H Ahmad Bastari MT IPM ASEN-Eng, mengatakan senang atas kemajuan yang dicapai.

Sebab, katanya, dengan terbukanya akses jalan utama, geliat ekonomi warga setempat semakin bergejolak. “Selain bisa memberdayakan tarap hidup masyarakat setempat, kriminalisasi yang kerap terjadi, dapat dikikis habis,” ujar Bastari, saat mendampingi Danrem 044 Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika SIP MSi MTr meninjau kemajuan yang dicapai prajurit Kodim 0418 Palembang dalam rangkaian TMMD ke-116.

Menurut Bastari, secara teknis, pihaknya memberi dukungan penuh dengan peralatan yang diperlukan prajurit Kodim 0418 Palembang.

“Selain membantu pekerjaan secara teknis, kita juga menyiapkan sejumlah peralatan berat untuk kegiatan itu,” ujarnya.

Bantuan teknis yang diberikan itu, kata Bastari, selain ikut melancarkan program TMMD ke-116, diharapkan dapat memajukan tarap hidup masyarakat Kampung Serang. “Ini tujuan utama kita,” pungkasnya. (*)

Laporan Anto Narasoma