Bangun Pelabuhan Tanjung Carat Akan Mulai Akhir 2021

Gubernur Sambut Baik dan Bangga

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews |  GROUNBREAKING  pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat di Sumatra Selatan yang masuk dalam perencanaan nasional akan dilaksanakan pada November 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Menteri PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Suharso Monoarfa bersama Menhub Budi Karya Sumadi dalam video konferensi yang dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru, Kamis kemarin (11/2).

“Kita sepakati bersama bahwa akhir tahun 2021 ini direncanakan di bulan November dapat dilakukan groundbreaking pembangunan dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Ambon Baru dan Tanjung Carat,” ujar Menteri PPN.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pengembangan infrastruktur pelabuhan tersebut memang luar biasa akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, Kementerian Perhubungan akan menyiapkan infrastruktur dasarnya.

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut baik keputusan tersebut. Menurutnya, setelah rangkaian panjang beberapa tahun untuk keputusan tentang akan segera dibangunnya pelabuhan di Tanjung Api-Api, Banyuasin, Provinsi Sumsel ini akhirnya dapat terwujud.

“Sumsel tentu menantikan kabar baik ini, sudah seperti Nobar (nonton bareng). Ini sudah tegas bahwa groundbreaking yang dilaksanakan akhir tahun 2021 yaitu Pelabuhan Ambon Baru dan Pelabuhan Tanjung Carat,” kata Deru.

Menurut Deru, saat ini Pemprov Sumsel dan Pemkab Banyuasin sudah siap dengan Perda untuk mendukung pelaksanaan pembangunan pelabuhan tersebut. Pemprov Sumsel mempersiapkan bukan hanya lahan tetapi hal lainnya juga yang berkaitan dengan pembangunan pelabuhan itu.

Mengingat, pelabuhan ini adalah kebutuhan yang diharapkan dapat menunjang ekspor komoditas yang ada di Provinsi Sumsel seperti karet, kelapa sawit, dan lainnya. “Ini harapan seluruh masyarakat Sumsel” ujar dia. (ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *