Wali Murid Kecewa Pengumuman Hasil Tes PPDB SMPN Palembang

Anggota DPRD Prihatin dan Kecewa

 

PALEMBANG, SuaraSumselNews |
PENGUMUMAN hasil tes seleksi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) jalur prestasi tahap 2 untuk SMP (Sekolah Menengah Pertama) di Kota Palembang yang diumumkan pada Rabu pagi (24/6) membuat sejumlah orang tua wali murid sedikit kecewa.

Apa pasalnya, wali murid tersebut tidak mendapatkan informasi yang pasti dari panitia seleksi terkait kapan waktu pengumuman hasil tes diumumkan
Hal ini seperti yang diutarakan sejumlah orang tua wali murid, Rh 42) warga 32 Ilir, saat dimintai keterangan oleh media ini terkait hal tersebut

Dia mengatakan bahwa l kecewa atas pengumuman hasil tes PPDB di SMPN 43 Palembang. But Rh ini mengakui,
pengumuman itu terkesan dipercepat dan tanpa adanya pemberitahuan dari pihak sekolah kepada orang tua wali murid.

“Saya sebagai orang tua wali murid yang mendaftarkan anak untuk ikut tes di SMPN 43 hanya mendapatkan informasi awal dari sekolahan bahwa pengumuman hasil tes seleksi akan diumumkan pada hari Kamis (25/6). Tetapi toh pada Rabu pagi, saya sudah mendapatkan pengumuman itu dan tentu kecewa”, ujarnya .

Selain itu, salah satu orang tua wali murid yang tidak mau disebutkan namanya, inisial BR saat dimintai keterangan mengakui bahwa pada awalnya mendaftarkan anak ke sekolahan SMPN 43 melalui jalur zonasi. Akan tetapi tidak lulus, padahal dirinya bisa mendaftar melalui jalur Afirmasi karena syarat dijalur ini sudah cukup dan lengkap persyaratannya.

Juga kecewa karena sekolah asal dan sekolah tujuan tidak ada koordinasi lagi untuk meneliti kembali berkas-berkas siswa kurang mampu. Serta memberi tahu bahwa seharusnya anak saya itu ikut seleksi melalui jalur Afirmasi. Tetapi diarahkan untuk ikut di jalur zonasi.

Dan lagi, jalur zonasi terlalu jauh dari rumah sehingga tidak lulus seleksi. Ikut di jalur prestasi juga tidak lulus. Padahal jika melalui jalur Afirmasi saya cukup yakin anak saya bisa lulus”, ujar BR menambahkan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Palembang, Sutami Ismail. SAg ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp nya mengatakan bahwa mengenai PPDB tahun 2020 kita prihatin atas kekecewaan dari wali siswa.

Tapi kekecewaan itu merupakan hal yang lumrah dan kita minta kepada pihak sekolah untuk dapat menjelaskan proses PPDB yang ada di sekolahnya.
Biar kekecewaan para wali siswa tersebut dapat dipahami.

Selain itu, proses penerimaan siswa SMPN itu ada 4 jalur sesuai dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 berisi 44 pasal yang mengatur tentang Ketentuan PPDB mulai dari persyaratan, jalur pendaftaran pelaksanaan PPDB (Pendaftaran, Seleksi, dan Pengumuman).

Kemendikbud telah menetapkan peraturan penerimaan peserta didik baru ( PPDB) tahun 2020 melalui Permendikbud Nomor 44 tahun 2019.

Sementara, Kepala Sekolah SMPN 43 Palembang, Dra Rosdiana, ketika dikonfirmasi melalui ponselnya, belum ada jawaban terkait pengumuman PPDB disekolahnya. (*)

laporan ; winarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *