Wako Prabumulih H Elman Hadiri Musrenbangnas di Jakarta

Jokowi Minta Berhati-hati Kelola Anggaran

 

JAKARTA, SuaraSumselNews | PENJABAT (Pj) Wali Kota (Wako) Prabumulih H. Elman, ST, MM hadiri pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang diadakan oleh Kementerian PPN/Bappenas. Yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dan turut dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Senin (06/5).

Musrenbangnas 2024 digelar untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema ‘Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’.

Dalam sambutannya, Menteri Bappenas RI, Suharso Monoarfa menyampaikan apresiasi atas kemajuan signifikan yang diraih Indonesia dalam satu dekade terakhir di berbagai bidang pembangunan. Ia juga menjelaskan bahwa Bappenas tengah menyusun dokumen rencana pembangunan jangka panjang, menengah, dan tahunan sebagai acuan pembangunan nasional.

“Kita patut bersyukur atas kepemimpinan Presiden Jokowi yang telah membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi, Musrenbangnas ini menjadi momen penting untuk menyelaraskan berbagai rencana dan program pembangunan dari pusat hingga daerah,” ungkap Suharso.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyampaikan saat ini Indonesia dihadapkan pada situasi yang tidak mudah serta tantangan yang tidak gampang. Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan hanya tumbuh 3,2 persen, serta dampak runtutan dari Covid-19 yang masih terasa sampai sekarang.

“Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam mengelola fiskal, mengelola anggaran. Betul-betul harus hati-hati, jangan sampai ada uang serupiah pun meleset dari rencana yang sudah dibuat dan skala prioritas juga harus diperhatikan,” ujarnya.

Jokowi juga mengatakan, bahwa sekarang semua negara sangat ketakutan terhadap kenaikan harga minyak dan bunga pinjaman. Menurutnya, jika bunga pinjaman naik maka beban terhadap fiskal juga akan sangat besar.

“Sekali lagi kita harus hati-hati dalam mengelola setiap rupiah anggaran yang kita miliki,” tambahnya.

Dalam Musrenbangnas tersebut juga dihadiri para menteri koordinator, jajaran menteri, seluruh gubernur, bupati dan wali kota, serta para sekretaris daerah dan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah se-Indonesia. (ril)