Unsri Targetkan 2023 Sudah PTNBH

PALEMBANG, SuaraSumselNews | Tahun 2023 Unsri sudah menerapkan PTN Berbadan Hukum (PTNBH), hal ini disampaikan Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE., IPU., ASEAN.Eng usai Wisuda ke 161 secara virtual di Fakultas hukum tower lantai 8 Unsri Bukit besar Palembang, Rabu (24/8/2022).

Anis Saggaff menargetkan sebelum habis masa jabatatan tahun 2023 penerapan PTN ini. Akan ada tiga kelompok PTN yakni pertama satker yakni PTN yang diberi makan.

“Itulah Unsri  dari tahun 1960 berdiri sampai 2009 selalu disuapi. Tapi itu tidak ada kreatif dan tidak boleh tidak dapat peluang untuk mencari uang sendiri,” ujarnya.

Anis menambahkan, Unsri menjadi BLU, hal ini supaya jangan membebani anak-anak mahasiswa untuk bayar UKT bayar SPP makanya UKT bervariatif ada yang Rp 500 ribu, ada Rp 1 juta ada juga yang membayar lebih tinggi. 

“Tapi kita kurang anggaran, akibat Itu kita diberikan keluasaan untuk mencari penghasilan, selain daripada mahasiswa yakni kerjasama tapi dibatasi. Dan batasnya adalah Tri Dharma karena tidak boleh membuka kontraktor. Padahal kita banyak konsultan tapi kita juga tidak boleh. Dan kita banyak ahli dan ada banyak konsultan tapi tidak boleh,” katanya.

Anis menjelaskan,  tahap yang ketiga PTN yang sudah dianggap dewasa jadi boleh mencari selain daripada pendapatan yang sudah ada, tapi dengan syarat  tidak boleh menaikkan UKT. Jadi UKT yang sudah ada tidak boleh diubah-ubah kalau PTNBH

“Kita dibebaskan mencari uang sebebas-bebasnya. Sehingga bisa memberikan subsidi untuk UKT.  Kita sebenarnya sudah banyak, kita ada BPU kerjasama. Kemarin ada dari Pemerintah Pusat Kementerian Pertanian yang dilimpahkan ke sini. Tidak ada yang bisa kecuali Unsri pencetakan sawah di Sumsel ribuan hektar perencanaan dan fisik di kerjasama kan dengan Unsri,” jelasnya.

Tapi karena kita BLU kita hanya boleh mengambil perencanaannya saja tidak boleh fisik. Tapi kalau sudah PTN BH bisa semuanya. “Artinya sumber daya yang ada di perguruan tinggi bisa bermanfaatkan untuk anak-anak bangsa. Unsri dapat biaya tambahan pendanaan untuk menghidupi perguruan tinggi itu meningkatkan tarafnya. Jadi tidak perlu lagi cerita ada yang tidak bayaran,” bebernya.

“Sekarang ini Menteri  Pendidikan Kebudayaan, dan Ristek sudah memberi kebijakan seluruh PTN dalam waktu 6 tahun harus PTN BH.  Siapa yang tidak PTNBH itu ikut ngikut dengan PTNBH,” tegasnya.

Menurutnya, Unsri sudah potensial untuk PTNBH.

“Sekarang kita sudah proses Kementerian dan sudah proses verifikasi.

Sebelum jabatan saya berakhir tahun depan, harapan saya sebelum saya berakhir Unsri sudah PTN BH sudah jalan. Sehingga BPU yang sudah disiapkan itu nanti lebih bisa lebih ngebut untuk tugasnya itu membantu pemerintah dan perusahaan swasta.

“Sehingga bisa menghasilkan income untuk lembaga, jadi bisa untuk membangun gedung, tidak harus ke mahasiswa,” paparnya.

Selain itu Anis menjelaskan untuk wisuda hari ini ada 2185 yang diwisuda.

“Itu menunjukkan bahwa proses kita yang lulus tepat waktu itu sudah mencapai 90 persen. Lulusan kita sudah bagus semua dan terbukti sudah  40 persen yang lulus dengan pujian,” pungkasnya.

Laporan : Asri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *